Umah Atok Ubi Kulop Sedia Kuliner Orangtua Zaman Dulu

Menu seperti ini tentu tidak bisa Anda jumpai di tempat lain, kecuali di Kedai Umah Ubi Atok Kulop. Usaha ini berlokasi

Umah Atok Ubi Kulop Sedia Kuliner Orangtua Zaman Dulu
Bangkapos/Khamelia
Menu makanan umah atok kulop 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Kelezatan kuliner khas bangka memang tiada tandingannya.

Dari sekian banyak jenis kuliner, deretan menu yang terbuat dari ikan sungai, ubi/singkong, jantung pisang dan daun pucuk ubi berikut ini bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang sedang travelling ke Pulau Bangka.

Menu seperti ini tentu tidak bisa Anda jumpai di tempat lain, kecuali di Kedai Umah Ubi Atok Kulop. Usaha ini berlokasi di kawasan perumahan Citraland Botanical City Pangkalpinang.

Menu makanan umah atok kulop
Menu makanan umah atok kulop

Bila bertandang ke kedai ini jangan heran bila Anda hanya menemukan menu berbahan dasar ubi saja.

Seperti daging lempah kuning rampai ubi, ayam kampung lempah rampai ubi, ikan asin rampai ubi, ikan kelik/gabus rampai ubi, lempah kepala tenggiri, tumis jantung pisang sampai ubi, tumis pucuk ibu kembang katis, ubi goreng hingga snack keripik ubi.

"Kita ingin memperkenalkan kuliner jaman dahulu kepada generasi sekarang agar mereka tahu inilah makanan yang biasa disantap oleh orangtua kita jaman dulu," kata pengelola Umah Atok Ubi Kulop, Ahmadi Sopian.

Menu makanan umah atok kulop
Menu makanan umah atok kulop

Lempah kuning ikan kelik menjadi menu spesial, lempah ini terasa nikmat disantap dengan rampai ubi yang meresap ke dalam kuah lempah.

Nasi merah dari beras yang baru dipanen semakin menambah kenikmatan bersantap, ditambah lagi dengan ikan asin belanak yang dimasak sambal bikin selera makan bertambah.

Aneka lalapan dari pucuk ubi dan jantung pisang yang dicocol dengan rusip atau sambal belacan menghadirkan sensasi tersendiri, nasi satu piring pun terasa kurang.

"Benar-benar nikmat, sesekali melahap menu begini wajib bagi orang bangka," ucap Randi dijumpai saat asyik melahap lempah kelik.

Penulis: khamelia
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved