Banjir Kabupaten Bangka

Atasi Banjir di Kabupaten Bangka, Bupati Tarmizi Akan Lobi Pemprov dan Pusat

Penanganan banjir perlu dilakukan segera oleh Pemkab Bangka agar kejadian seperti ini tidak terus terulang.

Atasi Banjir di Kabupaten Bangka, Bupati Tarmizi Akan Lobi Pemprov dan Pusat
istimewa
Camat Sungailiat Kusyono Aditama bersama warga, Minggu (29/1/2017) sedang memantau kondisi banjir di Lingkungan Sidodadi Sungailiat, air mengenangi rumah warga sekitar lutut orang dewasa. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Penanganan banjir perlu dilakukan segera oleh Pemkab Bangka agar kejadian seperti ini tidak terus terulang.

Karena sebelumnya pada akhir tahun 2015 hingga awal tahun 2016 lalu juga beberapa daerah di Kabupaten Bangka dilanda banjir.

Bupati Bangka H Tarmizi Saat mengatakan, Pemkab Bangka perlu melobi Pemprov Babel dan pemerintah pusat untuk mengatasi banjir di Kabupaten Bangka.

"Kedepan dengan bantuan pusat dan pemprov antara lain perlu membuat embung yang besar dan dalam di enam lokasi dengan lebar minimal tiga sampai enam hektar," jelas Tarmizi ketika dikonfirmasi bangkapos.com, Minggu (29/1/2017).

Lokasi pembuatan embung tersebut di antaranya di Kimak, Pohin dan Sempan. Kemudian antara Tutut dan Sinar Baru, Belinyu arah ke Pesaren serta daerah Mabat dan Bukit Layang

Kemudian arah Kace berbatasan dengan Pangkalpinang dan Bangka Tengah, arah Mapur dan Kampung Cit serta Pemali-Sempan.

"Upaya kita tentu, besok Selasa semua kades kita panggil di rumdin juga camat dan lurah untuk kita saling sinergis menata Kabupaten Bangka ini kedepan lebih baik dan terhindar dari banjir," kata Tarmizi.

Dia juga minta SKPD terkait, pihak swasta, pengusaha dan akademisi diajak duduk satu meja untuk tindak lanjut rapat yang dilakukan dengan para lurah, kades dan camat tersebut.

"Semua harus ikut membantu supaya kedepan daerah ini bebas banjir. Pemkab juga perlu menyiapkan program terintegrasi yang melibatkan masyarakat dan bukan program proyek tapi swakarya masyarakat, TNI/POLRI, akademisi, Pemkab Bangka dan pihak ketiga," harap Tarmizi.

Penulis: nurhayati
Editor: Alza Munzi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved