E-KTP Berlaku Seumur Hidup Kecuali Ada Perubahan Data

E-KTP ini berlaku seumur hidup, selama ini setiap lima tahun sekali ganti blangko, sekarang tidak, kecuali ada perubahan biodata

E-KTP Berlaku Seumur Hidup Kecuali Ada Perubahan Data
bangkapos.com/dok
Rahmat Gunawan, Kepala Dukcapil Kabupaten Bangka 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka terus melakukan pelayanan yang prima, salah satu dengan memberikan pelayanan data kependudukan.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bangka, Rahmat Gunawan, Senin (6/2/17) di Sungailiat menjelaskan, untuk Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau E-KTP sekarang ini berlaku seumur hidup kecuali ada perubahan biodata, seperti perubahan nama, status, dan lain sebagainya.

"E-KTP ini berlaku seumur hidup, selama ini setiap lima tahun sekali ganti blangko, sekarang tidak, kecuali ada perubahan biodata," jelas Rahmat Gunawan.

Diuraikannya sekarang ini, E-KTP ini merupakan rujukan wajib bagi banyak lembaga untuk sebagai syarat administrasi seperti BPJS, perbankan, termasuk juga kepolisian.

"Belum dilakukan perekaman, tidak akan dilakukan pelayanan di bank, begitu juga dengan imigrasi dan instansi lainnya," tegas Rahmat.

Dituturkan Rahmat kembali, instansi yang melakukan kerjasama terkait dengan data kependudukan ini dapat melakukan pengecekan secara on line untuk mencocokkan, memastikan data, dan bisa melihat apakah data sesuai dengan E-KTP atau tidak. Selain itu juga sambungnya, jika ada yang dicurigai dan lainnya dapat langsung terintegrasi dengan pusat.

"Tidak hanya di pusat, di daerah juga bisa dilakukan perjanjian dengan pelaksanakan di daerah, seperti Bappeda, bisa melakukan kerjasama dengan Dukcapil untuk data kemiskinan dan bagus juga dengan real timenya," ujar Rahmat kembali.

Rahmat Gunawan kembali menjelaskan, sekarang ini ada 33 jenis data di website Dinas Dukcapil yang dapat diakses dan dilakukan perubahan per semester setiap enam bulan sekali sehingga masyarakat dapat mendapatkan informasi terkait dengan data kependudukan dan catatan sipil ini.

"Silahkan akses, ada 33 data yang dapat dilihat di website Dinas Dukcapil ini," katanya.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved