Warung Makan Cantik Dekranasda, Makan Kenyang tak Kuras Isi Kantong

Tidak perlu cemas dan gundah makan di Warung Makan Cantik yang dipadu dengan suasana saung dan kolam ikan

Warung Makan Cantik Dekranasda, Makan Kenyang tak Kuras Isi Kantong
bangkapos.com/Nurhayati
Bupati Bangka H Tarmizi Saat didampingi Ketua PKK Kabupaten Bangka Hj Mina Tarmizi melakukan penguntingan pita peresmian Warung Makan Cantik, Selasa (7/2/2017) di Gedung Dekranasda Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bagi masyarakat baik dari luar kota atau seputar Sungailiat yang ingin bersantap siang menikmati berbagai makanan khas Bangka, bisa bersantap di Warung Makan Cantik milik Dekranasda Kabupaten Bangka.

Warung makan ini berlokasi tepat depan Gedung Mahligai Rakyat DPRD Kabupaten Bangka di Jalan Ahmad Yani Sungailiat.

Tidak perlu cemas dan gundah makan di Warung Makan Cantik yang dipadu dengan suasana saung dan kolam ikan ini, karena tidak menguras isi kantong dan dijamin kenyang.

Pasalnya warung makan yang dikelola oleh ibu-ibu PKK Kabupaten Bangka ini menetapkan harga terjangkau dan ekonomis.

Di gedung dekranasda ini juga para wisatawan bisa melihat dan membeli berbagai kerajinan khas Bangka yang dibuat masyarakat dan ibu-ibu PKK di desa-desa di Kabupaten Bangka.

Menurut Ketua PKK Kabupaten Bangka Hj Mina Tarmizi, rencana mendirikan warung makan ini sudah sejak lama ketika dibangunnya gedung dekranasda karena sebelum adanya bangunan ini lokasi tersebut dulunya Rumah Makan Singgah Luk di lahan milik pemda yang dikelola pihak ketiga.

"Di sini ada warung di belakangnya itu, ide awal sejak perencanaan gedung dekranasda. Jadi setelah berjalan selama satu tahun kayaknya kalau warung ini belum dibuka kita lihat sepi dekranasda dan masyarakat juga belum banyak yang tahu dekranasda. Oleh sebab itu kita bangun warung, dengan mereka datang mereka bisa melihat kerajinan-kerajinan kita yang ada di dekranasda. Ada juga tamu-tamu yang datang dari luar daerah yang nggak tahu mau beli kerajinan dimana, sedangkan kita disini ada menyiapkan kerajinan tersebut," jelas Mina

Dia menilai kerajinan yang dibuat masyarakat di Kabupaten Bangka cukup banyak tetapi kurang dikenal sehingga dengan keberadaan dekranasda dan Warung Makan Cantik diharapkan agar para pengerajin lebih produktif berkarya dan memasarkannya di dekranasda.

Untuk menu makanan di Warung Makan Cantik selain menu khas Bangka seperti ikan lempah kuning, lempah darat, juga ada menu Sunda dan Jawa. "Menunya bermacam-macam. Modelnya kita siap makanannya tamu bisa memilih mau yang mana secara prasmanan. Untuk ikan kita goreng dulu panaskan, sayur juga kita panaskan terserah mau makan yang mana, kita siap saji," jelas Mina kepada bangkapos.com saat peresmian Warung Makan Cantik, Selasa (7/2/2017) di Gedung Dekranasda Kabupaten Bangka.

Pihaknya juga menampung makanan dari yang dibuat oleh warga tetapi makanan tersebut harus lolos uji Pengurus PKK Kabupaten Bangka karena rasa makanan harus lezat dan higienis. "Kami tidak sembarangan menerima," kata Mina.

Harga yang ditawarkan Warung Makan Cantik menurut lebih murah daripada warung makan lainnya yang disesuaikan dengan harga bahan baku. "Mereka datang ke sini, makan kenyang tapi tidak mengurus kantong," ungkap Mina.

Saat jam makan siang para Pegawai Negeri Sipil bisa bersantap di warung ini karena terletak di daerah perkantoran di Pemkab Bangka. Begitu juga para wisatawan yang berkunjung ke Bangka bisa mencicipi menu-menu masakan di Warung Makan Cantik. Warung ini buka dari jam 09.00 WIB hingga jam 14.00 WIB.

Sedangkan chefnya dari para ibu-ibu PKK Kabupaten Bangka sendiri yang sudah memiliki keahlian di bidang katering.

Peresmian Warung Makan Cantik Dekranasda ini juga dihadiri Bupati Bangka H Tarmizi Saat, Kepala Kejaksaan Negeri Sungailiat Supardi, Kepala Pengadilan Agama Kabupaten Bangka, Para Kepala SKPD di Pemkab Bangka, General Manager Bella Wisata Tour and Travel Yuna Ekowati yang datang bersama rekan-rekannya. Mereka mencicipi menu makan siang di Warun Makan Cantik.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved