Adv Pasangan Rustam dan M Irwansyah

Inilah Cara Rustam - Irwansyah Cegah Banjir Pangkalpinang

Kedepan katanya akan banyak penanganan oleh pemerintah provinsi Babel dan kota Pangkalpinang untuk menyelesaikan masalah banjir

Inilah Cara Rustam - Irwansyah Cegah Banjir Pangkalpinang
ist
Rustam Effendi dan M Irwansyah 

Laporan wartawan Bangka Pos Evan Saputra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Calon Gubernur Bangka Belitung , Rustam Effendi mengatakan dana penanganan banjir untuk Pangkalpinang sebesar Rp 30 miliar hanya untuk jangka pendek.

Kedepan katanya akan banyak penanganan oleh pemerintah provinsi Babel dan kota Pangkalpinang untuk menyelesaikan masalah banjir.

"Dana banjir untuk Pangkalpinang 30 miliar tapi ini hanya untuk jangka pendek seperti dana talud," kata Rustam beberapa waktu lalu

Rustam menambahkan jika Pangkalpinang daratan yang menyerupai palung sehingga air hujan yang turun di hulu sungai tertampung di Pangkalpinang.

Kondisi ini diperparah lagi dengan daerah aliran sungai yang sudah rusak.

Rustam mengatakan ada ratusan miliar yang akan digelontorkan pemerintah provinsi untuk membuat waduk penanganan masalah banjir.

Ada tiga waduk yang difokuskan, antara lain waduk Kacang Pedang, waduk sebelah hulu gunung Mangkol, dan Teluk Bayur serta ada juga normalisasi sungai.

"Jangka panjang ada semacam waduk besar untuk menampung air yang turun dari hulu, dan satu waduk lagi di bagian hilir sebelum air hujan masuk laut program ini sudah jadi keputusan bersama dan lintas daerah dalam menanggulangi banjir di Pangkalpinang, Program inipun sudah kita sampaikan ke pusat," ujar Rustam.

Selain penyelesaian masalah banjir dengan pembuatan waduk dan normasliasi sungai, Rustam mengatakan langkah yang juga dilakukan adalah rehabilitasi DAS dengan memperlebar gorong gorong hingga revegetasi kawasan hutan yang rusak di daerah hulu.(*)

Penulis: Evan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved