Lakukan Percepatan Pembangunan, Bupati Jalin Kerjasama dengan Polman Babel dan TNI

Ada sebanyak 30 lulusan Polman Babel yang lulus tes untuk bekerja di Pabrik Tapioka PT Sinar Baturusa Prima

Lakukan Percepatan Pembangunan, Bupati Jalin Kerjasama dengan Polman Babel dan TNI
Nurhayati/Bangkapos.com
Bupati Bangka H Tarmizi Saat mengadakan penandatangan Memorandum of Under Standing (MoU) dengan Direktur Polman Babel Sugeng Ariyono dan Komandan Kodim 0413/Bangka Dandim 0413 Bangka, Daniel SP Lumba, Rabu (8/2/2017) di Ruang Kerja Bupati Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Bupati Bangka H Tarmizi Saat mengadakan penandatangan Memorandum of Under Standing (MoU) dengan Direktur Polman Babel Sugeng Ariyono dan Komandan Kodim 0413/Bangka Dandim 0413 Bangka, Daniel SP Lumba, Rabu (8/2/2017) di Ruang Kerja Bupati Bangka.

Penandatanganan MoU Pemkab Bangka dengan Polman Babel ini melibatkan berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bangka.

Dalam kerjasama ini Polman Babel melakukan rencana tindak lanjut di berbagai bidang seperti di bidang perikanan dengan melakukan refrigenerator mini atau palka nelayan tradisional, alat pengaduk (mixer) olahan serba ikan, fish apartemen berbahan ramah lingkungan, pengasapan ikan, keramba jaring apung mini atau sederhana.

Untuk bidang pangan membuat mesin pengolahan beras aruk mulai dari pengering atau pengurangan kadar air, penumbuk, penghancur dan pemisah serat, mesin pengering serta pembutirannya.

Di bidang industri membuat mesin pencacah teh daun pelawan, mesin penepung teh daun pelawan, mesin cetak batako, mesin pengaduk abon, dan mesin penepung ubi.

Sedangkan kerjasama dengan pihak TNI menindaklanjuti MoU antara OPD teknis dengan TNI sesuai kebutuhannya. Selain itu juga kerjasama Pemkab Bangka dengan pihak TNI berupa Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pembangunan Jalan Air Petaling menuju Paya Benua Kecamatan Mendobarat.

Dalam hal ini Pemkab Bangka sudah menganggarkan dana APBD Kabupaten Bangka sebesar Rp 2.187.160.000 dan kegiatan lain yang membutuhkan bantauan TNI seperti kebersihan, pertanian, perumahan dan sebagainya.

Bupati Bangka H Tarmizi Saat mengatakan, kerjasama Pemerintah Kabupaten Bangka dengan kalangan akademisi ini bisa memberikan manfaat besar untuk masyarakat.

"Keberadaan Polman ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Kita tidak ingin perguruan tinggi seperti menara gading yang tidak memberikan kontribusi atau kurang berkontribusi untuk masyarakat," ungkap Tarmizi.

Menurutnya Pemkab Bangka juga membantu menyalurkan lulusan Polman Babel agar bisa bekerja di Pabrik Tapioka terbesar di Indonesia yang dibangun di Kecamatan Puding Besar.

Ada sebanyak 30 lulusan Polman Babel yang lulus tes untuk bekerja di Pabrik Tapioka PT Sinar Baturusa Prima (SBP).

Begitu juga kerjasama dengan pihak TNI, ia berharap Pemkab Bangka bersama tentara bisa terus membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia berterima kasih atas pengabdian TNI yang telah memberikan darma baktinya untuk daerah dalam bidang pembangunan seperti membangun berbagai fasilitas sarana kesehatan, jalan serta penanaman padi di Kabupaten Bangka.

"Kita berharap MoU ini bisa ditindaklanjuti secara bersama mudah-mudahan ini sebagai langkah awal untuk kerjasama selanjutnya," harap Tarmizi.

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved