Luar Biasa, Tiga Hasil Survei Pilgub DKI, Semua Pasangan Menang

Beberapa lembaga survei mengeluarkan hasil berbeda kala melakukan penghitungan suara atau elektabilitas pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI

Luar Biasa, Tiga Hasil Survei Pilgub DKI, Semua Pasangan Menang
KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI 2017 

BANGKAPOS.COM - Beberapa lembaga survei mengeluarkan hasil berbeda kala melakukan penghitungan suara atau elektabilitas pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Litbang Kompas mengeluarkan hasil survei dari hasil himpunan opini publik terkait Pilkada DKI Jakarta.

Baca: Pesawat Termewah di Dunia, Fasilitasnya Bikin Melongo. Harga Tiketnya Segini!

Survey tersebut dilakukan oleh Litbang Kompas pada 28 Januari-4 Februari 2017 dengan melibatkan 804 responden di 237 kelurahan dan 402 RT.

Hasil survei yang dilakukan oleh 27 koordinator lapangan dan 133 interviewer tersebut menunjukkan Pasangan Ahok-Djarot unggul dengan angka 36,2, disusul oleh Pasangan Anies-Sandi dengan angka 28,5, sedangkan Agus-Sylvi 28,2.

Hasil survei Litbang Kompas ini berbeda dengan hasil survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

Pimpinan LSI, Denny JA menunjukkan bahwa cagub-cawagub DKI Jakarta nomor satu, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, memiliki elektabilitas 30,9 persen.

Cagub-cawagub nomor dua, Ahok-Djarot memiliki elektabilitas 30,7 persen, sedangkan pasangan nomor tiga, Anies-Sandi, memiliki elektabilitas 29,9 persen.

"Tak ada satu pun calon yang mendekati perolehan suara 50 persen," ujar peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa Jumat (10/2/2017) dikutip dari Kompas.com.

Survei LSI Deny JA ini dilakukan pada 8-9 Februari 2017 dengan wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden di enam wilayah di Jakarta.

Sedangkan, Lembaga Survei dan Poling Indonesia (SPIN) menempatkan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno unggul di Pilkada Jakarta.

Dalam survei yang digelar akhir Januari itu, elektabilitas Anies-Sandi mencapai 41,74 persen, disusul pasangan Basuki-Djarot dengan 30,04 persen, sedangkan Agus-Sylvi di posisi tiga dengan 24,95 persen.

Baca: Pedangdut Cantik Ini Diajak Tidur Pejabat hingga Video Celana Dalam di Kepala

Survei SPIN juga menunjukkan, pemilih Prabowo pada Pemilihan Presiden 2014 ternyata lebih solid dan loyal karena memilih pasangan Anies-Sandi.

Editor: Alza Munzi
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved