Ketika Anda mencoblos, Apakah Faktor Agama Terlintas di Benak?

Di halaman gereja Katolik, Paroki Hati Kudus, di pusat kota Banda Aceh, Senin (13/2/2017) lalu, seorang pria sedang menunggu anaknya pulang sekolah

Ketika Anda mencoblos, Apakah Faktor Agama Terlintas di Benak?
bangkapos/antoni
MEMAPAH LANSIA -- Kapolsek Jebus, Kompol Alam Bawono memapah lansia yang hendak memberikan hak suara pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Bangka Belitung, Rabu (15/2/2017). 

BANGKAPOS.COM - Di halaman gereja Katolik, Paroki Hati Kudus, di pusat kota Banda Aceh, Senin (13/2/2017) lalu, seorang pria sedang menunggu anaknya pulang dari sekolah, yang berada dalam kompleks gereja.

"Saya sudah 11 tahun tinggal di Banda Aceh, setelah tsunami," kata Jesi Christian Pati memulai pembicaraan dengan BBC Indonesia.

Seperti warga Indonesia lain, Jesi akan hak suaranya dalam Pilkada 2017 walau tidak ada calon Wali kota Banda Aceh atau Gubernur Aceh yang seagama dengan dirinya.

Baca: Begini Kocaknya Putra Presiden Jokowi Nge-Tweet Wahai Rakyatku Ala Ibas

"Tidak ada pilihan lain," katanya, setengah tertawa.

Tinggal di wilayah yang mayoritas Islam dan, apalagi, memberlakukan syariat Islam, membuat dirinya harus memilih calon pemimpin yang dianggapnya juga menyuarakan kelompok minoritas.

Dan, menurut penilaiannya, ada dua calon Wali kota Banda Aceh dan Gubernur Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang 'menyuarakan' kelompok minoritas.

"Program mereka masih mendengarkan kebutuhan orang Kristen. Biasanya mereka bicara soal isu kemanusiaan, bukan melulu agama," ungkapnya.

Baca: Bunga Citra Lestari Nyoblos Bareng Keluarga, Netizen Malah Fokus ke Kelingking Mertua Ashraf

Calon seperti itulah, tambah Jesi, yang dipilih orang Kristen atau kaum non-Islam lainnya di Aceh. "Saya yakin 80%, suara warga Kristen di Aceh mirip dengan pilihan kita," Jessi mengutarakannya dengan tersenyum.

Halaman
1234
Editor: Alza Munzi
Sumber: BBC Indonesia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved