Ahok Tak Diberhentikan, Mendagri Siap Bertanggungjawab

Menurut Tjahjo, sejauh ini pihaknya meyakini pertimbangan pihaknya terkait status Ahok. Hal tersebut pun sudah disampaikan

Ahok Tak Diberhentikan, Mendagri Siap Bertanggungjawab
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kiri) bersama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kanan), di Balai Kota, Senin (21/3/2016). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri sudah menerima surat dari Mahkamah Agung (MA) terkait jabatan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Mendagri Tjahjo Kumolo pun siap bertanggung jawab soal hal tersebut. "Saya mempertanggungjawabkan pendapat pemerintah," kata Tjahjo.

Saat ini, sebagian pihak menganggap Ahok harus diberhentikan sementara sebagai Gubernur DKI Jakarta. Desakan pemberhentian sementara Ahok tersebut terkait statusnya sebagai terdakwa kasus penistaan agama.

Menurut Tjahjo, sejauh ini pihaknya meyakini pertimbangan pihaknya terkait status Ahok. Hal tersebut pun sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo melalui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

"Selama Kemendagri sudah punya pemahaman dan keyakinan secara hukum, itulah yang saya laporkan ke presiden," ucapnya.

Sama halnya, ketika dirinya melakukan pemberhentian sementara terhadap beberapa kepala daerah yang menjadi tersangka atau terdakwa dalam kasus hukum tertentu.

Tjahjo Kumolo juga menyebut isi Fatwa Mahkamah Agung tidak jauh dari apa yang sudah dikatakan Ketua MA, Hatta Ali beberapa waktu silam.

MA beberapa waktu lalu mengatakan agar Kementerian Dalam Negeri melakukan kajian sendiri, mengingat dalam setiap kementerian memiliki biro hukumnya masing-masing.

Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali mengatakan Kementerian Dalam Negeri sebenarnya memiliki bagian hukum yang bisa mengkaji tafsir hukum terkait penonaktifan Basuki dari kursi gubernur.

"Isinya tidak jauh berbeda dengan pernyataan ketua MA di media kok,"ujar Tjahjo.

Halaman
12
Editor: Hendra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved