Breaking News:

Uniknya Kelenteng Fuk Tet Che Dihiasi Bebatuan Tiongkok, Nama Donatur Diabadikan di Dinding Batu

Bangunan kelenteng baru Fuk Tet Che bernilai miliaran rupiah menggunakan bahan bangunan yang didominasi bebatuan asal Tiongkok.

Penulis: Ardhina Trisila Sakti | Editor: fitriadi
Bangkapos.com/Ardhina Trisila Sakti
Perlengkapan Kelenteng Fuk Tet Che di perempatan lampu merah Semabung Kota Pangkalpinang. 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Si jago merah pernah menghanguskan bangunan Kelenteng Fuk Tet Che di perempatan lampu merah Semabung Kota Pangkalpinang dua tahun lalu.

Kini berkat usaha pengurus kelenteng, umat dan donatur, bangunan Kelenteng Fuk Tet Che baru berukuran 10m x 12m berdiri megah. Tempat ibadah warga Tionghoa itu akan diresmikan Senin (27/2/2017).

Bangunan kelenteng baru Fuk Tet Che bernilai miliaran rupiah menggunakan bahan bangunan yang didominasi bebatuan asal Tiongkok.

Desain bangunan Kelenteng Fuk Tet Che tampak berbeda dengan bangunan sebelumnya, unsur bebatuan alami berwarna abu-abu lebih mendominasi warna Kelenteng yang berlokasi di perempatan lampu merah Semabung sejak 200 tahun lalu ini

Untuk mencegah kebakaran seperti 2015 atas permintaan pengurus kelenteng dan dikerjakan oleh kontraktor Hendri Gunawan, kelenteng ini 90 persen ini terbuat dari batu dan dinding beton agar tak mudah terbakar.

Adapun unsur kayu sebagai syarat bangunan Kelenteng pada umumnya hanya terdapat pada bagian atas atap dan pintu kelenteng.

"Kemarin kita gak tau kebakaran kelenteng itu akibat listrik atau lilin, tapi mudah-mudahan kejadian itu jangan lagi terulang. Untuk antisipasi lilin yang dulunya ada di bagian dalam ruang kelenteng kini kita taroh di luar saja (teras kelenteng)” ungkap Ating ditemui bangkapos.com kala meninjau persiapan jelang persemian Kelenteng Fuk Tet Che.

 Perlengkapan Kelenteng Fuk Tet Che. (Bangkapos.com/ Ardhina Trisila Sakti)
Perlengkapan Kelenteng Fuk Tet Che. (Bangkapos.com/ Ardhina Trisila Sakti) 

Berbeda dari Kelenteng lain di Pangkalpinang, uniknya sebagai ucapan terimakasih desain Kelenteng baru Fuk Tet Che memajang nama-nama donatur yang membantu secara pendanaan  agar pembangunan kelenteng berhasil.  

Terdapat 800 orang donatur yang menyumbang untuk pembangunan Kelenteng Fuk Tet Che melalui nomor rekening.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved