Dipandang Sebagai Lembaga Paling Korup, Reaksi Anggota DPR Ini Diluar Dugaan

DPR dipandang masyarakat Indonesia sebagai lembaga negara paling korup, sementara polisi menempati posisi terkorup kelima.

Dipandang Sebagai Lembaga Paling Korup, Reaksi Anggota DPR Ini Diluar Dugaan
BBC INDONESIA
Kepala departemen riset Transparency International, Wawan Suyatmiko, mengatakan persepsi masyarakat terhadap DPR dipengaruhi pemberitaan di media. 

BANGKAPOS.COM - Dewan Perwakilan Rakyat dipandang masyarakat Indonesia sebagai lembaga negara paling korup, sementara polisi menempati posisi terkorup kelima.

Survei oleh Global Corruption Barometer (GCB) yang disusun Transparency International itu juga memperlihatkan 65% masyarakat Indonesia menganggap level korupsi meningkat dalam 12 bulan terakhir.

GCB mengukur persepsi masyarakat terhadap kinerja pemberantasan korupsi di Asia Pasifik.

Baca: 5 Ibu Kota Terbersih di Seluruh Dunia, Sebagian Besar Ada di Eropa

Survei GCB di Indonesia meliputi 1.000 responden berusia 18 hingga 55 tahun, yang tersebar di 31 provinsi dengan metode wawancara langsung maupun melalui telepon mulai 26 April sampai 27 Juni 2016.

Hasilnya menunjukkan, sebagian besar masyarakat menempatkan DPR di peringkat pertama lembaga negara yang dianggap korup, diikuti birokrasi pemerintah, dan DPRD.

Dalam survei GCB yang dilakukan sebelumnya 2013, kepolisian dianggap sebagai pihak paling korup oleh para responden sedang DPR berada di peringkat dua.

Menurut kepala departemen riset Transparency International, Wawan Suyatmiko, penilaian badan legislatif sebagai lembaga paling korup bisa disebabkan dua hal.

Pertama, banyaknya kasus korupsi yang melibatkan anggota legislatif, di daerah maupun pusat dan yang kedua karena kinerja mereka dalam menjalankan fungsi utamanya maupun dalam memberantas korupsi internal yang tidak maksimal.

Baca: Pria Berhasrat Berhubungan Seks Setiap Hari, Ini 40 Soal Seks yang Belum Banyak Diketahui

Halaman
123
Editor: Alza Munzi
Sumber: BBC Indonesia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved