Guru Besar IPB Temukan Metode Operasi Kanker Payudara dengan Aplikasi Matematika

Guru besar IPB menemukan metode Operasi Kanker Payudara menggunakan aplikasi matematika.

Guru Besar IPB Temukan Metode Operasi Kanker Payudara dengan Aplikasi Matematika
Istimewa/Humas IPB
Prof Dr Ir I Wayan Mangku, M.Sc bersama keluarga. 

BANGKAPOS.COM - Guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan metode Operasi Kanker Payudara menggunakan aplikasi matematika.

Selain itu matematika juga mempunyai banyak manfaat bagi kemajuan iptek, diantaranya ilmu medis seperti untuk operasi kanker payudara juga untuk komunikasi, hidrologi, meteorologi, aktuaria, dan seismologi.

Hal itu diungkapkan Guru Besar IPB Prof Dr Ir I Wayan Mangku, M.Sc saat Orasi Ilmiah Guru Besar IPB yang berjudul "Pemodelan Stokastik untuk Memacu Kemajuan Ipteks" belum lama ini.

Pria yang lahir tanggal 5 Maret 1962 di Bali. adalah sosok pecinta seni dan budaya.

Sejak kecil ia memang memiliki cita-cita besar menjadi ahli matematika.

Diawali dengan menempuh bangku perkuliahan S-1 jurusan Statistika di IPB kemudian melanjutkan studi S-2 di Australia jurusan Applied Matematika dan S-3 di Netherlands dengan jurusan yang sama.

Dalam siaran pers Humas IPB yang diterima TribunnewsBogor.com, usahanya dalam merintis prestasi hingga mampu menulis lebih dari 60 artikel di jurnal internasional dan nasional bukanlah hal yang mudah.

Saat muda ia menjadi penabuh gender wayang kulit profesional, namun kini keahliannya dalam mengaplikasikan matematika adalah bukti bahwa tidak ada orang besar tanpa usaha yang besar pula.

Sebagai akibat dari semakin kompleksnya berbagai fenomena atau masalah nyata, diperlukan suatu model untuk penyederhanaannya sehingga fenomena tersebut lebih mudah dimengerti atau ditemukan solusi masalahnya.

Salah satu model yang banyak digunakan dalam penyederhanaan permasalahan adalah model matematika.

Halaman
12
Editor: Alza Munzi
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved