Dinas Pangan Bangka Akan Berikan 5.000 Bibit Cabai

Pemkab Bangka melalui Dinas Pangan melakukan terobosan dan upaya untuk mengatasi persoalan harga cabai ini.

Dinas Pangan Bangka Akan Berikan 5.000 Bibit Cabai
IST
Tanaman cabai di Dinas Pertanian Kab Bangka 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Harga cabai yang masih tinggi dan masih banyak dikeluhkan oleh masyarakat maupun pedagang cabai, membuat pemerintah terus mengupayakan hal yang terbaik untuk menstabilkan harga cabai.

Terkait hal tersebut, Pemkab Bangka melalui Dinas Pangan melakukan terobosan dan upaya untuk mengatasi persoalan harga cabai ini.

Ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/3/17), Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bangka Suhodo mengungkapkan, pihaknya akan melakukan kerjasama salah satunya dengan PKK.

"Kita telah mengikuti rapat koordinasi, evaluasi ketahanan pangan di Kota Bandung, dan hasilnya adanya kerjasama antara Dinas Pangan Provinsi dengan PKK Provinsi dan di kabupaten juga ada kerjasama antara Dinas Pangan dan PKK Kabupaten juga di bidang pangan," jelas Suhodo.

Suhodo menjelaskan untuk mengatasi harga cabai yang tinggi, Dinas Pangan akan menyerahkan bibit cabai sebanyak 5000 bibit kepada PKK Kabupaten Bangka dan akan diserahkan kepada anggota-anggotanya.

"Kita sesuai dengan intruksi pak presiden melalui Dirjen Holtikultura meyiapkan 100 juta bibit untuk seluruh Indonesia, dan kita rencananya 5000 bibit kepada pkk kita. Pangan ini kan banyak dilakukan di pekarangan rumah, dan konsumsi pangan juga banyak dilaksanakan juga ibu-ibu, karena itu, kerjasama dengan ibu-ibu atau pkk ini bisa sejalan nantinya, karena tanaman pekarangan ini bisa membantu ibu-ibu juga," ungkap Suhodo.

Diuraikannya lebih lanjut, untuk mewujudkan hal tersebut, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melakukan penandatanganan MoU dengan PKK Kabupaten Bangka dan akan disaksikan juga Bupati Bangka nantinya.

"Inshaallah kita lakukan pada acara coffee morning nantinya dan kita serahkan langsung bibit cabainya, untuk di perkotaan ini, bisa dilakukan di pekarangan dan dalam bentuk polibag," tuturnya lagi.

Tingginya harga cabai akhir -akhir ini dikeluhkan banyak konsumen meski mau tak mau harus memenuhi kebutuhan akan cabai terlebih lagi untuk konsumen rumah tangga. Faktor tingginya harga cabai ini diakibatkan karena cuaca buruk yang menyebabkan distribusi pasokan cabai menjadi terhambat.

"Salah satu caranya, kita menggiatkan menanam cabai dengan memanfaatkan pekarangan rumah kita," tukas Suhodo.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved