Dalam Membuat E-KTP Kuncinya Niat dan Sabar

Niat dan sabar, itulah bekal yang dibawa Sulistia (22) ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bangka Barat

Dalam Membuat E-KTP Kuncinya Niat dan Sabar
e-ktp 

Laporan Wartawan Bangka Pos Anthoni

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Niat dan sabar, itulah bekal yang dibawa Sulistia (22) ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bangka Barat.

Bagi kebanyakan orang, tak mudah memperoleh E-KTP. Butuh waktu dan tenaga extra untuk memperolehnya. Selain waktu dan energi, calon perekam E-KTP, juga dituntut menyiapkan persyaratan administrasi selengkap mungkin. Mulai surat rekomendasi RT, kelurahan, Kecamatan hingga pas foto.

Banyaknya persyaratan administrasi tersebut, tak sedikit membuat warga mengurungkan niat merekam E-KTP. Ditambah jarak tempat tinggal menuju kantor Dukcapil yang cukup jauh.

Namun, halangan ini tak berlaku bagi warga Simpang Teritip ini. Jauh-jauh hari wanita berkerudung itu telah menyiapkan berkas-berkas syarat perekaman E-KTP. Ini dilakukan guna memudahkan proses admistrasi pembuatan E-KTP.

" Sebenarnya tidak sulit, kuncinya harus diniatkan. Saya jauh-jauh sudah mengurusi dan melengkapi berkas. Jadi pas sampai sana (Dukcapil-red), tinggal proses perekaman sidik jari dan iris mata," kata Lia di kantor Dukcapil, Jumat (10/3/2017) lalu.

Selain persiapan, sabar juga menjadi bekal Tia, sapaan akrabnya melalui tahapan-tahapan proses perekaman E-KTP. Hari ke hari ia berjibaku dengan puluhan bahkan ratusan warga pembuat E-KTP lainnya.

Silih berganti, Tia menunggu giliran namanya di panggil ke loket pembuatan E-KTP.

" Selain persiapan berkas, kuncinya harus sabar. Terutama saat menunggu giliran antri. Kadang berjam-jam nama kita baru dipanggil," kisahnya.

Penulis: Antoni Ramli
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved