Jangan Anggap Remeh, 5 Rasa Sakit Karena Kelamaan Duduk Ini Bisa Timbulkan Kematian

Memiliki pola hidup yang tidak aktif dan lebih sering duduk ternyata dapat menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh seseorang

Jangan Anggap Remeh, 5 Rasa Sakit Karena Kelamaan Duduk Ini Bisa Timbulkan Kematian
net
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM--Memiliki pola hidup yang tidak aktif dan lebih sering duduk ternyata dapat menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh seseorang.

Fatalnya dari hal yang dianggap sepele ini justru bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius hingga menimbulkan kematian.

Dr. Andi Kurniawan Sp.KO, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Osteoporosis Indonesia menjelaskan bahwa pola hidup masyarakat di Indonesia yang malas bergerak dan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan duduk dapat menjadi penyebab kerusakan pada sendi, tulang, dan ototnya yang berujung pada kematian.

“Jadi, musculoskeletal disorders ternyata memiliki lingkaran setan yang bisa membahayakan seseorang hingga menyebabkan kematian. Hal ini tentu saja disebabkan karena pola hidup yang kurang bergerak dengan nutrisi yang tidak mendukung. Biasanya, lingkaran setan ini diawali dengan gangguan pada sendi lutut,” paparnya.

Berikut beberapa keluhan musculoskeletal disorders sehari-hari yang bisa menyebabkan kematian.

ilustrasi
ilustrasi 

1.Sakit lutut

Menurut dr. Andi hal ini diawali dengan nyeri sendi di bagian lutut. Apabila seseorang sudah merasakan sakit pada bagian lutut otomatis aktivitasnya akan berkurang.

“Karena aktivitas berkurang, seseorang pun cenderung akan lebih banyak duduk. Terlalu banyak duduk akan merangsang sakit pada tubuh yang lain,” ujarnya.

2.Sakit pinggang

Penyakit lain yang akan timbul karena terlalu lama duduk adalah sakit pinggang. Menurut dr. Andi, sakit pinggang memang disebabkan karena duduk terlalu lama hingga berjam-jam.

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved