Menyeramkan, Begini Jadinya Kalau Tidak Gosok Gigi Selama Setahun

Salah satu dampak dari berhenti menyikat gigi adalah munculnya bakteri yang menganggu sistem kekebalan tubuh

Menyeramkan, Begini Jadinya Kalau Tidak Gosok Gigi Selama Setahun
dok
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Apa yang akan terjadi bila kita berhenti untuk menyikat gigi selama satu tahun?

Singkat saja jawabannya, “Mungkin tidak baik,” ujar Matthew Messina, doker gigi sekaligus juru bicara American Dental Association.

Nanti dulu, jawaban itu bukan berarti dampaknya biasa-biasa saja bagi kesehatan mulut dan gigi kita. Sebaliknya, Anda mesti harap-harap cemas.

Ketika kita berhenti meyikat gigi, akan menyebabkan gigi berongga atau kerusakan gigi lainnya, dan penyakit periodontal (penyakit gusi).

Keduanya dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Bahkan, bisa menyebabkan gigi tanggal atau copot. Hhmm, mengerikan bukan?

Kata Messina, saat bakteri di dalam mulut tidak disikat habis, hal itu dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh hingga menyebabkan sejumlah masalah di bagian tubuh lainnya. Kok bisa?

Nah, bakteri di bawah garis gusi yang jadi biang keroknya.  Mereka  bisa saja mendapat akses ke jalur darah sehingga membahayakan tubuh.

Menurut studi, mulut kotor telah dikaitkan dengan pelbagai penyakit. Misal, penyakit pernapasan seperti radang paru-paru, serangan jantng, bahkan MRSA dalam kasus gigi palsu.

MRSA singakatan dari methicillin resistan staphylococcus aureus. Ia adalah bakteri yang kebal antibiotik. Bakteri ini bisa menginfeksi alirah darah dan lapisan hati.

Menyeramkan, bukan? Nah, jangan harap mulut kita tetap bersih jika tidak meyikatnya selama satu tahun. 

Halaman
1234
Editor: Alza Munzi
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved