Breaking News:

BKKBN dan BP4 KUA Tingkatkan Kerjasama Bekali Pengetahuan Catin Masuki Kehidupan Berkeluarga

Sebanyak 47 petugas BP4 KUA dan PLKB dari 7 kabupaten kota se Bangka Belitung mengikuti kegiatan orientasi program KKBPK

bangkapos.com/Khamelia
Peserta kegiatan orientasi program KKBPK yang dilaksanakan oleh BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (21/3), di Sun Hotel. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sebanyak 47 petugas BP4 KUA dan PLKB dari 7 kabupaten kota se Bangka Belitung mengikuti kegiatan orientasi program KKBPK yang dilaksanakan oleh BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (21/3), di Sun Hotel.

Orientasi program bagi petugas penyuluh kursus catin ini bertujuan memberikan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan petugas BP4 KUA dan KKBPK dalam rangka penyiapan memasuki kehidupan berkeluarga kepada calon pengantin.

Untuk selanjutnya disebarluaskan tehadap para remaja di tempat tugas masing-masing.

"Jumlah penduduk Indonesia yang besar serta laju pertumbuhan penduduk yang tinggi bisa merugikan bila kita tidak mampu membangun negara yang mandiri, sehat dan makmur. Proses untuk membangun tersebut dimulai dari membangun sebuah keluarga. Untuk itu penting sekali untuk membekali calon pengantin dengan pengetahuan yang menyeluruh tentang bagaimana membangun sebuah keluarga yang sakinah, mawadah dan warrohmah," ujar Plt Kepala BKKBN Provinsi Bangka Belitung, Gusti Mansyah saat membuka kegiatan.

Ia menyebutkan berdasarkan uu no 52 tahun 2009, maka BKKBN menargetkan calon pengantin agar mereka dapat mempersiapkan dirinya berdasarkan aspek mental, spiritual, kesehatan, ekonomi dan berbagai aspek lainnya sebelum memutuskan untuk menikah, serta memahami tugas dan fungsi keluarga seutuhnya.

"Untuk itu dibutuhkan komitmen dari berbagai pihak, salah satunya melalui BP4. Melalui kursus pranikah, diharapkan petugas BP4 KUA dapat memberikan bekal pengetahuan, pemahaman, ketrampilan dan penumbuhan kesadaran kepada calon pengantin tentang kehidupan rumah tangga dan keluarga dengan berkoordinasi dengan petugas lapangan KB (PLKB) kecamatan," jelas Gusti Mansyah.

Melalui kegiatan yang berlangsung tiga hari ini hasil yang diharapkan adalah terintegrasinya materi KKBPK dengan materi konseling pranikah oleh petugas BP4 KUA kepada catin.

"Meningkatknya komitmen petugas BP4 KUA untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran bagi catin tentang kehidupan rumah tangga dan keluarga, serta meningkatkan kerjasama petugas BP4 KUA dan PLKB di lapangan dalam penggarapan remaja (catin) yang akan memasuki kehidupan berumah tangga," ujarnya.

Penulis: khamelia
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved