Ibu-ibu Resah Akibat Heboh Penculikan di Manggar

kabar bohong itu diduga terjadi akibat warga tersulut berita adanya penculikan anak untuk diambil organnya.

Ibu-ibu Resah Akibat Heboh Penculikan di Manggar
bangkapos.com/dok
Kapolres Beltim AKBP Nono Wardoyo 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Beredarnya kabar di dunia maya soal dugaan penculikan yang terjadi di Dusun Cemara II, Desa Kurnia Jaya, Kecamatan Manggar, Beltim, Rabu (22/3/2017) malam lalu membuat resah sejumlah ibu-ibu di Kecamatan Manggar.

Mereka mempertanyakan kebenaran berita tersebut. Bahkan pertanyaan mereka merembet ke kabar-kabar palsu dan tidak terkonfirmasi lalu tersebar di media sosial bahwa telah terjadi penculikan di wilayah lain di Pulau Belitong, Gantung misalnya.

"Itu benarke penculikan itu. Terus siapa orang itu," kata Rini, seorang ibu rumah tangga di Desa Padang, Kecamatan Manggar.

Informasi yang dihimpun Pos Belitung, kabar bohong itu diduga terjadi akibat warga tersulut berita adanya penculikan anak untuk diambil organnya.

Meskipun sudah dibantah dan dinyatakan hoax, warga yang panik kemudian bercampur latah menjadi gampang menyimpulkan sesuatu dan disebar meluas di media sosial.

"Resah ya gitulah isu-isu yang beredar. Mungkin yang belum ada anak, mungkin tidak terasa. Tapi yang sudah punya pasti cemas apalagi ibu-ibu,"ujar seorang ibu yang enggan namanya disebutkan.

Seorang ibu yang ditemui Pos Belitung di Jalan Ngerawan, Manggar, mengakui juga keresahan akibat isu-isu yang beredar ini. Hal ini menjadi topik pembahasan warga, apalagi bagi ibu-ibu. Bahkan, anaknya sampai ketakutan setelah ia ingatkan agar berhati-hati di luar rumah jika bertemu orang tak dikenal.

"Positifnya sih orang-orang tua jadi awas jadi waspada terhadap anak. Kemarin anakku ku kasih tahu, hati-hati di sekolah, kalau Uni belum jemput jangan mau diajak orang yang tidak dikenal. Eh dia ketakutan. Nyesel juga. Tidurnya sampai larut. Dia nanya 'besok bakal ada gak,'. Jadi takut dia," kata Uni.

Informasi yang dihimpun Pos Belitung, puncak isu penculikan beredar melalui media sosial facebook setelah terjadi kehebohan di Dusun Cemara II, Desa Kurnia Jaya, Kecamatan Manggar, Beltim, Rabu (22/3/2017) malam lalu. Seorang anak, IL dikabarkan lari terbirit-birit dan mengaku baru ditakuti oleh seorang lelaki berperawakan besar sehabis mengaji. Belumlah terkonfirmasi secara pasti, namun kabar upaya penculikan sudah beredar di media sosial dan menyebar.

Wakil Bupati Beltim Burhanudin (Aan) yang langsung meninjau kediaman anak tersebut memastikan isu penculikan di Manggar tidak benar.

Halaman
123
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved