Benarkah Gara-gara Mobil Mogok? Ini Cerita Dibalik Jokowi Kenakan Jas dan Dasi Naik Motor

Orang-orang tampaknya belum cukup puas membicarakan foto Joko Widodo yang membonceng motor ini.

Benarkah Gara-gara Mobil Mogok? Ini Cerita Dibalik Jokowi Kenakan Jas dan Dasi Naik Motor
TEMPO/SUBEKTI

BANGKAPOS.COM - Orang-orang tampaknya belum cukup puas membicarakan foto Joko Widodo yang membonceng motor ini. 

Gambar tahun 2012 ini kembali disebar di media sosial setelah dua kali menjadi pemberitaan. Mengapa?

Foto lama yang memperlihatkan Joko Widodo naik sepeda motor dengan jas rapi beredar lagi di media sosial, dibubuhi meme dan guyonan, setelah mobil kepresidenannya dilaporkan mogok pekan ini.

Mobil kepresidenan Mercedes Benz S-600 sempat mogok di Kalimantan Barat setelah menempuh perjalanan sekitar setengah jam, kata Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan.

"Jokowi aja naik ojek, masa kamu enggak," tulis satu meme di Facebook.

Banyak orang tampaknya percaya bahwa gambar itu adalah foto terbaru Jokowi. Sebuah akun Instagram yang mengunggah foto itu malah 'mereka-reka kronologinya'.

"Ketika para ajudan sedang sibuk memperbaiki mobil presiden yang mogok. Tiba-tiba Pak Jokowi pelan-pelan menuju pangkalan ojek. Beberapa saat kemudian, para ajudan bingung karena presiden hilang. Setelah clingak-clinguk, mereka melihat presiden kabur dengan ojek."

"Pak, mobilnya baru diperbaiki sebentar! Lah kok malah lari mau kemana!?"

Sebuah portal berita online, Okezone, bahkan menulis berita ini dengan judul 'Mobil Mogok, Presiden Jokowi Terpaksa Gunakan Ojek Motor'. Tapi cerita dibalik foto itu sama sekali lain.

Foto ini dipotret wartawan Tempo, Subekti, pada 2012. Ketika itu Joko Widodo yang masih menjabat sebagai gubernur Jakarta menumpang sepeda motor warga akibat terperangkap kemacetan.

Menurut laporan foto yang dirilis Tempo disebutkan bahwa Jokowi hendak menghadiri acara pernikahan kerabatnya di kawasan Mampang, Jakarta.

Dua tahun kemudian, foto ini kembali diulas oleh Kompas karena disebar luas di media sosial pada Oktober 2014.

Ada sejumlah kritik yang mempertanyakan Jokowi yang tidak pakai helm, walau ada juga pujian yang menekankan kesederhanaan sosoknya.

Tapi bagaimana sebetulnya nasib Jokowi setelah mobilnya mogok di Kalimantan?

Naik ojek kah dia? Tidak, sejumlah laporan menyebut Jokowi dan Iriana akhirnya naik mobil Alphard lima menit setelah mobilnya mogok.

Editor: Alza Munzi
Sumber: BBC Indonesia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved