PLN Mulai Bangun Gardu Induk di Muntok

Pembangunan ini merupakan komitmen PLN untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik di Kabupaten Bangka Barat dan sekitarnya.

PLN Mulai Bangun Gardu Induk di Muntok
IST
Ground breaking pembangunan gardu induk muntok.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- PLN mulai bangun Gardu Induk Mentok kapasitas 1 X 30 MVA. Hal ini ditandai dengan dilakukannya Ground Breaking pembangunan gardu induk muntok oleh GM PLN Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan (PLN UIP Sumbagsel), Dady Murihno, Bupati Bangka Barat, Parhan Ali, Wakil Bupati Bangka Barat Markus, dan Ketua DPRD Bangka Barat Hendra Kurniady.

Pembangunan ini merupakan komitmen PLN untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik di Kabupaten Bangka Barat dan sekitarnya.

Selama ini sub sistem kelistrikan wilayah Bangka Barat khususnya Mentok dipasok melalui PLTD Muntok melalui sistem saluran udara tegangan menengah 20 kv yang rawan terhadap gangguan.

General Manager PLN UIP Sumbagsel Dady Murihno, berterima kasih atas dukungan Pemerintah Daerah dan Kejaksaan Tinggi dalam proses pembebasan lahan Gardu Induk.

“Kami berterima kasih atas bantuan semua pihak, khususnya Pemda Bangka Barat dan Kejaksaan Tinggi Babel yang telah membantu kami dalam proses pembebasan lahann untuk pembangunan GI Mentok 150 kV” ujar Dady.

Pembangunan gardu induk ini nantinya akan memperkuat keandalan sistem kelistrikan Mentok yang berdampak pada berkurangnya jumlah padam akibat gangguan pohon dan alam.

Selain itu, hal ini juga akan menambah ketersediaan pasokan listrik karena kelebihan daya sebesar 2X25 MW di Pangkalpinang dapat dievakuasi ke daerah Muntok.

Sementara itu, Bupati Babar Parhan Ali mengucapkan terima kasih kepada PLN karena turut serta membangun Kabupaten Bangka Barat dalam bidang ketenagalistrikan.

“Kami berterima kasih kepada PLN karena telah turut serta dalam kontribusinya membangun Kabupaten Bangka Barat dalam bidang ketenagalistrikan,” Pungkas Parhan.

Lebih dari itu, dalam jangka panjang PLN akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Bangka Peaker Kapasitas 100 MW di Mentok yang saat ini sudah dalam proses pelelangan di PLN kantor Pusat.

Pembangunan Gardu Induk ini sangat penting untuk mendukung hal tersebut, karena akan terhubung dengan gardu induk Kelapa melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Kelapa-Mentok dan tiga sistem jaringan lainnya yaitu Kelapa-Pangkalpinang, Pangkalpinang-Koba dan Koba-Toboali. Sehingga ke depan Bangka akan menjadi satu dalam sebuah sistem kelistrikan.

Lebih lanjut Dady mengharapkan dukungan dari Pemda Bangka Barat untuk melanjutkan pembangunan SUTT 150 kV Kelapa-Mentok dengan jumlah 187 tower yang ditargetkan rampung pada tahun 2018 mendatang.

"Kami masih tetap mengharapkan dukungan Pemda Bangka Barat untuk melanjutkan pembangunan SUTT 150 kV Kelapa-Mentok” tutup Dady.

Penulis: khamelia
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved