7 Bayi Dibuang Gegerkan Jawa Timur, 2 Pelakunya Mahasiswi

Usai dilahirkan, bayi-bayi ini dibuang begitu saja oleh orangtuanya. Dianggap sebagai 'bayi jadah'.

7 Bayi Dibuang Gegerkan Jawa Timur, 2 Pelakunya Mahasiswi
TRIBUNJATIM.COM/NUR IKA ANISA
Mayat bayi yang terbungkus kresek yang ditemukan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bratang Wetan, Kota Surabaya, Selasa (28/3/2017) pagi dan langsung membuat warga geger. Apalagi, di dalam kresek ternyata ada surat wasiatnya. 

BANGKAPOS.COM, SURABAYA - Bayi-bayi ini tampaknya tidak diinginkan oleh orang tuanya untuk hidup di dunia ini.

Usai dilahirkan, mereka dibuang begitu saja oleh orangtuanya. Dianggap sebagai 'bayi jadah'.

Saat dibuang, kondisinya ada yang masih hidup. Tapi tak jarang sang bayi sudah dalam keadaan meninggal dunia.

Lokasi pembuangan yang dipilih beragam. Mulai tong sampah, sumur, sekitar rumah warga, emperan bengkel mobil, taman, sungai, hingga tempat pemakaman umum alias kuburan.

Anehnya, tindakan biadap itu sepertinya sudah menjadi 'kebiasaan' dari mereka, khususnya para orang tua yang tidak menginginkan kelahiran sang janin, dengan beragam alasan.

Mayoritas karena alasan malu, karena bayi lahir karena pergaulan bebas dan hubungan gelap di luar pernikahan. Atau faktor lain, yang jelas-jalas salah dan melanggar hukum.

Luar biasanya, tragedi pembuangan bayi terjadi hampir merata di seluruh wilayah Indonesia. Ibaratnya, tiada hari tanpa ada laporan peristiwa penemuan bayi.

Data yang dihimpun Tribunjatim.com menyebutkan, di Jawa Timur saja, dalam tiga bulan terakhir sepanjang tahun 2017 ini, kasus penemuan bayi sudah beberapa kali terjadi.

Setidaknya ada tujuh kasus pembuangan dan penemuan bayi yang menonjol dan membuat geger masyarakat selama kurun waktu tiga bulan terakhir.

Kasus terbaru, penemuan mayat bayi yang terbungkus kresek di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bratang Wetan, Kota Surabaya, Selasa (28/3/2017) pagi dan langsung membuat warga geger.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved