Breaking News:

Haikal si Hacker Hebat Lulusan SMP Minta Maaf Sudah Bobol Ribuan Situs

Haikal adalah otak pelaku sindikat peretas (hacker) remaja terhadap situs jual beli tiket online tiket.com bernilai Rp 4,1 miliar

Editor: Hendra
net
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Setelah buron empat bulan, Haikal alias SH (19) ditangkap aparat Siber Bareskrim Polri di rumah orangtuanya, perumahan Pesona Gintung Residen, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (30/3/2017) pekan lalu.

Haikal adalah otak pelaku sindikat peretas (hacker) remaja terhadap situs jual beli tiket online tiket.com bernilai Rp 4,1 miliar.

Dalam pemeriksaan, Haikal mengakui aksi kejahatannya dan meminta maaf.

"Itu jelas dari bukti yang ada. Dia juga mengakui. Dan dia minta maaf karena melakukan kesalahan itu," ujar Kanit III Subdit I Direktorat VI Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri AKBP Idam Wasiadi, Selasa (4/4/2017).

Sebelum Haikal, petugas Siber Bareskrim menangkap tiga anak buah Haikal di sebuah rumah di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 28 Maret 2017.

Ketiga anak buah Haikal juga terbilang masih muda dan hanya lulusan SMA. Ketiganya adalah MKU (19), AI (19), dan NTM (27).

Ketiga tersangka menyebut Haikal sebagai hacker yang hebat. Sebab, meski lulusan SMP, Haikal sudah meretas atau membobol sekitar 4.600 situs.

Mulai situs pihak swasta hingga pemerintah, termasuk dalam dan luar negeri, pernah dibobolnya. Situs Polri pun pernah dibobolnya.

Kemampuan atau skill Haikal dalam meretas situs didapatkannya dengan belajar secara autodidak dari artikel di internet. Penyidik sempat mengonfirmasi pengakuan tiga tersangka tersebut. Dan Haikal mengakuinya.

"Iya benar. Iya (termasuk situs Polri). Itu dilakukannya sejak tahun 2013-an. Katanya dia iseng aja," kata Idam.

Untuk situs swasta komersil, Haikal meretas untuk mencari keuntungan atau uang. Namun, untuk situs milik pemerintah, ia meretasnya karena iseng dan untuk unjuk gigi.

Haikal dan tiga anak buahnya ditangkap karena terlibat pembobolan terhadap situs jual beli tiket online tiket.com pada server citilink.com.

Pembobolan kelompok hacker remaja ini membuat pihak tiket.com mengalami kerugian sebesar Rp 4,1 miliar, dan pihak citilink rugi Rp 2 miliar. (*)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved