Breaking News:

'Nyekam' Udang Ternyata Mengasyikkan

Hampir tiap malam warga Kelurahan Kelapa Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat, berburu udang di saluran irigasi sawah.

Bangkapos.com/Riyadi
Udang yang ditangkap melalui proses nyekam di anak-anak sungai kecil di daerah Kelurahan Kelapa Kabupaten Bangka Barat. Foto diambil beberapa hari lalu. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Hampir tiap malam warga Kelurahan Kelapa Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat, berburu udang di saluran irigasi sawah atau aliran sungai kecil, yang ada di daerah setempat.

Warga berburu udang, hanya menggunakan sekam padi, tapi ada juga yang menggunakan janjang sawit yang sudah melalui proses perebusan.

Dalam satu malam (mulai petang hingga sekitar pukul 11 malam, warga bisa menghasilkan 1-4 kilo udang atau bahkan lebih.

"Nyekam udang biasanya ketika cuaca mulai panas, air kan nggak dalam, lumayan lah hasilnya, kalau untuk lauk makan, nyekam udang mengasyikkan, sambil nyekam kita juga bisa najur (memancing)," kisah Amin kepada bangkapos.com, Senin (10/4/2018).

Rekan Amin, Fiki menyebutkan, ketika musim nyekam udang, warga tidak payah-payah lagi beli lauk sekelas udang, meskipun udang yang dihasilkan dari proses nyekam ini, ukurannya kecil-kecil.

"Jadi lah untuk untuk lauk makan, kadang kita panggang langsung di lokasi nyekam, cecel (cocor) garam, kecap dan cabe, mantap rasanya, nyekam ini untuk hiburan juga, biar asyik," ujar Fiki.

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved