Cerita Seru Tim Litbang Kompas dalam Quick Count Pilkada, ke Kamar Mandi dan Shalat Bergantian

pasangan calon (paslon) nomor urut 3 Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menang dalam hitung cepat Litbang Kompas

Cerita Seru Tim Litbang Kompas dalam Quick Count Pilkada, ke Kamar Mandi dan Shalat Bergantian
Warta Kota/Alex Suban
Tim Litbang Kompas memverifikasi data Hitung Cepat Pilkada DKI Jakarta Putaran 2 di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah, Jakarta Pusat, Rabu (19/4/2017). Litbang Kompas mencatat hasil kemenangan pasangan Anies-Sandi dengan 58,00 persen dan pasangan Ahok-Djarot 42,00 persen. 

BANGKAPOS.COM - Teriakan 'Oke Oce' membahana di pusat pengolahan data Litbang Kompas, Gedung Kompas Gramedia Lantai 7, Palmerah, Jakarta, Rabu (19/4/2017), pukul 16.16 WIB.

Saat itu, data sampel masuk untuk hitung cepat Pilkada DKI Jakarta putaran kedua sudah mencapai 94 persen.

Seorang koordinator Litbang Kompas membacakan hasil sementara hitung cepat yang tertera di monitor untuk para anggota tim Litbang Kompas yang mengolah data perolehan hitung cepat.

Disebutkan pasangan calon (paslon) nomor urut 3 Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, untuk sementara unggul dengan perolehan 58,13 persen.

Sedangkan, paslon nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat sementara memperoleh 41,87 persen suara.

Untuk ke-12 kalinya Litbang Kompas menyelenggarakan hitung cepat.

Sebelumnya, Litbang Kompas pernah melakukan hal yang sama termasuk untuk Pemilu Presiden pada Juli 2014 dan Pilkada DKI Jakarta putaran satu untuk pada Februari lalu.

Meski judulnya "hitung cepat", proses yang dilakukan cukup panjang dan melibatkan ratusan orang.

Sebanyak 470 tenaga lapangan (surveyor) disebar di 400 tempat pemungutan suara (TPS) yang jadi sampel di enam kota/kabupaten administratif Jakarta.

Tugas mereka adalah mewawancara langsung 1.600 pemilih yang sudah mencoblos dan mengumpulkan data-data hasil penghitungan suara di TPS-TPS yang dipilih secara acak.

Halaman
1234
Editor: Alza Munzi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved