Keren, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Bisa Deteksi Teroris hingga Buronan Polisi

PT Angkasa Pura II membenamkan teknologi canggih di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Keren, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Bisa Deteksi Teroris hingga Buronan Polisi
WARTA KOTA/Nur Ichsan
BEROPERASI - Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, mulai dioperasikan pada Selasa (9/8/2016) dini hari. Terminal langsung digunakan oleh pesawat Garuda dalam penerbangan perdana rute : Jakarta-Jayapura (GA 654) dan Jakarta-Ternate (GA648). WARTA KOTA/Nur Ichsan 

BANGKAPOS.COM - PT Angkasa Pura II membenamkan teknologi canggih di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Salah satunya yakni kamera pengawas (CCTV) yang mampu mendeteksi benda bawaan penumpang dan wajah buronan polisi.

Direktur Operasi dan Teknik Angkasa Pura II, Djoko Murjatmodjo mengatakan, teknologi terkait keamanan di Terminal 3, terdapat CCTV dengan kemampuan menditeksi barang-barang penumpang yang ditinggal dalam kurun waktu maksimal tiga menit.

Menurut Djoko, barang yang ditinggal tanpa ada pergerakan selama tiga menit, akan terpantau CCTV dan otomatis sensor akan menyala serta diteruskan ke pihak pengamanan Terminal 3 untuk dilakukan pengambilan serta pengecekan.

"Ini sudah aturan internasionalnya demikian, karena kasus bom itu banyak terjadi barang ditinggal. Sehingga barang itu diam tiga menit, pengamanan bandara akan mengamankan barang itu," tutur Djoko di Kantor Angkasa Pura II, Tangerang, Selasa (25/4/2017).

Pemasangan CCTV dengan kemampuan tersebut baru diterapkan di Terminal 3 dengan jumlah 200 CCTV terpasang di berbagai titik strategis.

Selain mampu mendeteksi barang penumpang yang tidak bergerak.

CCTV di Terminal 3 juga mampu bekerja mendeteksi wajah-wajah pelaku kejahatan yang sedang diburu kepolisian dalam negeri maupun luar negeri.

"CCTV ini bisa mengenal seseorang, sehingga ketika kami sudah mengunduh foto seseorang ke dalam komputer, maka CCTV tersebut akan bekerja ketika melihat orang seperti di foto komputer, " ujar Djoko.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam pemeriksaan sejumlah penumpang yang akan ke luar negeri sebelum masuk pada area imigrasi, akan melalui beberapa kali x-ray dan pengecekan body oleh petugas bandara.

Halaman
123
Editor: Alza Munzi
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved