Kabupaten Bangka Dapat 3.400 Bibit Cabai dari BPTP

pemerintah terus melakukan gerakan tanam cabai untuk mencegah terjadi kenaikan harga yang signifikan.

Kabupaten Bangka Dapat 3.400 Bibit Cabai dari BPTP
IST
Kabupaten Bangka Dapat 3.400 Bibit Cabai dari BPTP 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Meskipun harga cabai mulai berangsur turun, namun pemerintah terus melakukan gerakan tanam cabai untuk mencegah terjadi kenaikan harga yang signifikan.

Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Pangan sebelumnya telah membagikan bibit tanaman cabai kepada PKK Kabupaten Bangka untuk pkk kecamatan, kelurahan, desa, termasuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bangka.

"Kita kemarin telah membagikan 5000 bibit tanaman cabai, dan sekarang kita mendapatkan 3400 bibit tanaman cabai dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bangka Belitung, kita ajukan sekitar 10 ribu namun direalisasikan 3400 tanaman cabai, ini merupakan program pusat dengan membagikan 100 juta bibit cabai, Bangka kebagian 3400 bibit cabai," jelas Kepala Dinas Pangan, H. Suhodo, Kamis (4/5/17) di Sungailiat.

Dijelaskan Suhodo, bibit tanaman cabai ini merupakan bantuan dari pusat yang sekitar 100 juta untuk dibagikan kepada seluruh kabupaten/kota maupun instansi lainnya melalui BPTP Provinsi.

"Kita juga telah membagikan ke PKK sebanyak 600 bibit tanaman cabai dan ditambah dari pusat ini ada 3400, akan kita bagikan ke kecamatan-kecamatan dan desa juga," jelasnya.

Terkait dengan bantuan tanaman cabai dari pusat ini, rencananya akan dilakukan penilaian, evaluasi, karena kegiatan ini merupakan kegiatan nasional, dan bertujuan untuk menekan angka inflasi dari cabai ini.

"Sekarang harga cabai mulai menurun, di pasaran sekitar Rp 80.000, namun dengan adanya gerakan tanam cabai ini, diharapkan harga cabai stabil dan dapat dikonsumsi dan dihasilkan masing-masing keluarga apalagi menghadapi puasa dan lebaran nanti, insyaallah tanaman cabai yang kita bagikan telah menghasilkan waktu lebaran nanti," harapnya.

Sementara itu Lurah Kenanga, Heru Dwi Prima, selain mendapatkan bibit tanaman cabai dari PKK maupun Dinas Pangan, pihaknya juga melakukan penyemaian sendiri bibit tanaman cabai untuk ditanam di median jalan Kenanga.

"Kita semaikan ada sekitar 750 bibit cabai untuk ditanam di sepanjang taman median jalan Kenanga, untuk dikonsumsi masyarakat Kenanga dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari nanti," katanya.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved