Breaking News:

Bidan Desa Ini Jadi Tokoh Inspiratif Astra 2013 Bidang Kesehatan

Ica datang ke Bangka Belitung dalam rangka kegiatan '1Indonesiaawards2017' sebagai pemberi motivasi bagi para peserta.

Dokumentasi Ica
Hardinisa Syamitri (baju hijau) bersama para penerima hadiah pada acara '1indonesiaaward' 2013 lalu di Jakarta. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nordin

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ica, begitu panggilan kecil pemilik nama Hardinisa Syamitri yang bertugas sebagai bidan di salah satu desa di Sumatera Barat.

Gadis ini begitu ramah bercerita meskipun wajahnya terlihat capai saat diwawancarai bangkapos.com di Radio Sonora Bangka, Senin (15/5/2017) malam.

"Saya salah satu pemenang Astra (PT Astra International Tbk, red) tahun 2013 bidang kesehatan. Kedatangan saya ke Bangka Belitung dalam rangka kegiatan '1Indonesiaawards2017' sebagai pemberi motivasi bagi para peserta," ujar Ica.

Ica semenjak 2006 ditugaskan menjadi bidan di desa yang aksesnya serba kekurangan.

Warga di sana jika hendak mendapatkan, sarana transportasi, pendidikan, listrik bahkan signal handphone harus ke bukit atau tempat tinggi lainnya.

Di tempat ini pula Ica harus berhadapan dengan warga yang pemahamannya masih tradisional. Misalnya dalam tugas sebagai bidan, warga lebih memilih melakukan tindakan ke dukun.

"Satu hal yang membuat saya terkesan bahwa ketika menolong persalinan, dan itu selamat. Waktu itu dukun desa pun ada, dan Alhamdulillah hingga sekarang dukun selalu menyarankan ke bidan melakukan persalinan," ungkap bidan yang sudah pernah diundang dalam salah satu acara reality show di salah satu stasiun televisi swasta ini.

Mengenai kegiatan di Astra International, Ica menurutkan, dirinya waktu itu didaftarkan sahabatnya. Setelah mengikuti tahap seleksi akhirnya lolos seleksi di bidang kesehatan.

"Saya juga tidak tahu saya dites. Setelah 20 besar saya ditanya-tanya tentang pekerjaan saya, kemudian diundang ke Jakarta mengikuti seleksi lagi dan Alhamdulillah lolos," kenangnya.

Kegiatan ini menurut Ica memberikan banyak manfaat dan inspirasi, misalnya pengabdian dan ketulusan serta pantang menyerah dalam berbagai tantangan.

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved