Incar Prestasi, Babel Mesti Fokus Pada Atlet Unggulan

Ketum KONI berharap melalui kegiatan ini dapat menghasilkan rekomendasi yang terkait fokusnya upaya pembinaan dan peningkatan prestasi atlet.

Incar Prestasi, Babel Mesti Fokus Pada Atlet Unggulan
Bangkapos.com/Khamelia
Ketua Umum KONI, Tono Suratman bersama jajaran pengurus KONI Babel dan atlit. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat bekerjasama dengan KONI Bangka Belitung menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Manajemen Olahraga dan Peningkatan Pelatih Fisik Cabang Olahraga KONI Babel di Hotel Puncak Pangkalpinang, Senin (15/5/2017).

Ketua Umum KONI, Tono Suratman mengatakan prestasi tidak akan datang tiba-tiba, perlu upaya pembinaan yang didukung oleh manajemen perencanaan dan pelaksanaan yang implementatif, serta dana dan metode yang sesuai kebutuhan.

"Oleh karena itu kegiatan ini memiliki nilai strategis karena akan menentukan kualitas hasil kepelatihan yang bermuara pada semakin meningkatnya prestasi para atlet," ungkapnya.

Dia berharap melalui kegiatan ini dapat menghasilkan rekomendasi yang terkait fokusnya upaya pembinaan dan peningkatan prestasi atlet.

Dikatakan pula saat ini persaingan antar negara semakin ketat, oleh karena itu pembinaan prestasi harus melalui metode pelatihan berbasis sport science.

"Tradisional sudah beralih ke metode sport science, ini harus dilakukan karena kita dipacu oleh keinginan besar meraih prestasi di SEA Games Malaysia dan asian games dimana kita bertindak sebagai tuan rumah," paparnya.

Tono menyampaikan kepada seluruh peserta pelatihan bahwa untuk mencetak atlet berprestasi harus melibatkan banyak pihak.

"Dia harus punya coach, dokter olahraga, psikolog untuk mengelola kejiwaan atlet, ahli gizi hingga bio mekanik. Nah itu semua pastinya mahal. Oleh karena itu kita sarankan agar prioritas pada atlet yang diandalkan saja. Tidak perlu banyak, banyak. Misalnya Babel punya andalan atletik, fasilitasi dia untuk berlatih di tempat yang memang mencetak atlet hebat," sarannya.

Ketua KONI Babel Dharma Sutomo menyatakan sepakat yang disampaikan Tono Suratman.

"Saya sepakat. Babel memiliki unggulan atletik, panjat tebing dan silat, nah mereka-mereka ini akan fokus kita latih. Tapi bukan berarti kita meninggalkan yang lain, terkadang menjadi persoalan orang selalu minta diperlakukan sama, inilah sulitnya," kata Dharma Sutomo.

Penulis: khamelia
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved