Polisi Kandangkan Kendaraan Tak Bayar Pajak, Ada Juga yang Sampai Dirantai

Kesalahan pemilik kendaraan yang terjaring adalah karena kendaraan tersebut mati pajak atau tidak membayar pajak kendaraan.

Polisi Kandangkan Kendaraan Tak Bayar Pajak, Ada Juga yang Sampai Dirantai
Bangkapos/Deddy Marjaya
Dirlantas Polda Kep Babel Kombes (Pol) Valentino menunjukkan salah satu kendaraan yang diamankan karena tak bayar pajak Kamis (18/5/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos Deddy Marjaya

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Puluhan kendaraan berbagai terparkir di halaamn Ditlantas Polda Kep Kamis (18/5/2017) bahkan beberapa diantaranya dalam kondisi dirantai.

Kendaraan mulai dari motor, mobil minubus, mobil pick up hingga truck tersebut terjaring dalam Operasi patuh Menumbing 2017 yang masih berlangsung.

Kesalahan pemilik kendaraan yang terjaring adalah karena kendaraan tersebut mati pajak atau tidak membayar pajak kendaraan.

Bahkan ada kendaraan yang sudah mati pajak hingga 4 tahun dan harus ganti plat kendaraan baru.

"Saya sangat yakin sekali masih banyak kendaraan yang tidak bayar pajak lalu lalang dijalanan di Bangka Belitung ini memperihatinkan sekali ini saja ada puluhan," kata Dirlantas Kombes (Pol) Valentino

Menurut Kombes Pol Valentino ini dilakukan agar partisipasi membayar pajak kendaraan masyarakat di Bangka Belitung terus meningkat.

Dirinya mempersilahkan pemilik kendaraan untuk mengikuti sidang atau membayar E-tilang ke Bank yang ditunjuk.

Namun untuk mengambil barang bukti kendaraan yang diamankan di Ditlantas pemilik kendaraan juga harus bisa menunjukkan bukti lunas pembayaran pajak kendaraan terkait.

"Jadi kalau mau ambil kendaraan yang kita amankan harus ada bukti sudah bayar tilang dan bayar pajak kendaraan," kata Kombes (Pol) Valentino

Ditambahkannya pemilik kendaraan harus menyadari bahwa kewajiban membayar pajak kendaraan harus dilakukan setiap tahunnya.

Sebab pihaknya sesuai aturan menggangap STNK yang kendaraan tidak bayar pajak dianggap tidak sah tanpa bukti bayar pajak tahunan.

Karena STNK dianggap tidak sah maka kendaraan bisa ditahan sebagai barang bukti.

Padahal jika disadari pembayaran pajak kendaraan sangat membantu sekali dalam pemasukan keuangan daerah yang nantinya digunakan untuk pembangunan.

"Harapan saya kedepannya kesadaran membayar pajak kendaraan semakin tinggi di Bangka Belitung," kata Kombes (Pol) Valentino.

Penulis: deddy_marjaya
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved