Prof Bustami Rahman: Pancasila Perekat Bangsa

Berbagai ideologi dipadu-padankan dan menurut Bustami Rahman bahwa Pancasila lah telah menjadi perekat bagi bangsa ini.

Prof Bustami Rahman: Pancasila Perekat Bangsa
istimewa
Seminar yang digelar FISIP UBB berlangsung di Ruang Pertemuan Puri 56 Pangkalpinang, Sabtu (20/5/2017).

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UBB menggelar seminar bertema 'Pribumisasi Pancasila dan Pilar UUD '45, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dalam Mewujudkan Bangka Belitung yang Kondusif', Sabtu (20/5) di Ruang Pertemuan Puri 56 Pangkalpinang.

Seminar ini dirangkaikan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).

Kegiatan ini mengulas dan mendiskusikan berbagai fenomena kebangsaan terkini dan potensi ikutannya.

Acara ini menghadirkan tiga narasumber, yakni Prof Dr Bustami Rahman (Guru Besar Sosiologi UBB), Prof Dr Khatamar (Direktur Pascasarjana STAIN SAS Babel) dan Riswardi, M.Pd (Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme).

Acara yang dimoderatori Sujadmi (Ketua Jurusan Sosiologi UBB) ini berlangsung dialogis dengan peserta yang terdiri atas unsur organisasi kemasyarakatan, organisasi kemahasiswaan lintas kampus, dan dosen.

Dalam sambutannya, Muhammad Mufli Murtada selaku Wakil Gubernur BEM FISIP mengatakan acara diskusi tersebut wujud keseriusan dunia kampus dalam berkontribusi terhadap diskursus sosial politik yang sedang berkembang.

Menurutnya, dunia kampus melihat fenomena kebangsaan terkini sebagai arena kritis dan karenanya diperlukan pembacaan secara kritis pula.

Adapun Ibrahim selaku Dekan FISIP menekankan bahwa rumah besar bernama Indonesia ini harus mampu menentramkan warga yang ada didalamnya.

Perbedaan, perdebatan, dan silang kepentingan silakan saja terjadi, namun menurutnya menjadi mengkhawatirkan jika ada warga di dalam rumah itu yang turun dan menebang pilar rumah yang membentuk bangunan tersebut.

Di era post-truth ini, kata Ibrahim setiap orang bebas mencomot data darimana saja, menafsirkannya sendiri, dan meyakini kebenarannya secara sepihak.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved