BPOM Pangkalpinang Uji Cincau, Kue dan Makanan Pedagang, Tak Diduga Hasilnya Begini

Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Pangkalpinang memastikan takjil yang dijual di kota Pangkalpinang bebas dari zat berbahaya

BPOM Pangkalpinang Uji Cincau, Kue dan Makanan Pedagang, Tak Diduga Hasilnya Begini
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Dagangan Dasinah dibeli BPOM Pangkalpinang sebagai sampel dalam pemeriksaan makanan di kawasan Masjid Jamik, Pangkalpinang, Jumat (2/6/2017). 

BANGKAPOS,COM, BANGKA - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Pangkalpinang memastikan takjil yang dijual di kota Pangkalpinang bebas dari zat berbahaya seperti formalin, boraks, rhodamin, dan methanil yellow.

Hal itu berdasarkan uji rapid test kit terhadap 93 jenis sampel makanan di sejumlah pusat jajanan takjil di Pangkalpinang, Jumat (2/6/2017).

"Makanan dan takjil dari hasil pengujian hari ini dari 93 simpel, tidak terdeteksi, silakan untuk dikonsumi dengan aman," kata kasi pemerikasaan penyidikan sertifikasi dan layanan informasi konsumen BPOM Pangkalpinang Mohamad Bagir.

Bagir mengatakan pihaknya menghabiskan sekitar Rp 800 ribu untuk membeli takjil sebagai sampel.

Umumnya makanan dijadikan sampel merupakan makanan basah yang dicurigai mengandung zat-zat berbahaya.

"Cincau, kolang-kaling, kue-kue yang warnanya cerah itu untuk pewarna, kalau formalin kita ambil sampel otak-otak, pempek, untuk boraks juga kita uji," katanya.

Pengujian yang dilakukan di mobil laboratorium milik BPOM ini dipusatkan di depan Masjid Jamik Pangkalpinang.

Dalam mengambil sampel para petugas BPOM juga menelusuri keberadaan pembuat kue.

"Ada 4 tim tempat pengujiannya ada dua disini dan di air itam, sampel yang kita ambil di daerah Air Itam-Semabung, Masjid Jamik-Jalan Mentok, Jalan Ahmad Yani-Pasar pagi, Kampung Opas-RE Martadinata, Gabek-Selindung, kita ambil semua sampelnya," bebernya.

Ia mengatakan dari hasil uji cepat itu, tidak ada yang perlu dilakukan uji lanjutan. Pasalnya, semua makanan yang diuji sudah dinyatakan aman untuk dikonsumsi.

Halaman
1234
Penulis: krisyanidayati
Editor: Alza Munzi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved