Kepsek SMPN 2: Full Day School Tak Makan Banyak Biaya

Selama lima hari sekolah, jam pelajaran dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 15.30. Menurut Eti, tak banyak dana yang

Kepsek SMPN 2: Full Day School Tak Makan Banyak Biaya
Thinkstockphoto
Ilustrasi 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Berbeda dengan kondisi SMPN 5 Pangkalpinang yang masing menggunakan kurikulum 2016 (KTSP), SMPN 2 Pangkalpinang yang sudah menerapkan K13 telah mencoba menerapkan full day school selama satu semester.

Kepada Bangka Pos, Kepala Sekolah SMPN 2 Pangkalpinang Eti Fahrianty, Senin (12/6) menceritakan kebutuhan makan siang siswa lima puluh persen diantar dari orang tua siswa ke sekolah, sementara sisanya membeli makan siang prasmanan yang dikelola kantin dengan harga berkisar Rp.10.000- Rp.15.000 dan hanya lima orang siswa yang mendapat bantuan makan siang gratis dari sekolah karena berasal dari keluarga kurang mampu.

Selama lima hari sekolah, jam pelajaran dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 15.30. Menurut Eti, tak banyak dana yang dikeluarkan untuk penerapan full day school. Namun ia pun tak menampik menggunakan uang komite untuk membayar kelebihan jam mengajar guru selama satu jam.

Pasalnya kelebihan mengajar akan dibayar sebesar Rp. 35.000 untuk guru PNS dan Rp.45.000 per jam untuk guru honor.

"Kelebihan jam mengajar itu kalau dibutuhkan, biayanya gak banyak lah untuk sebulan. Jangan takut menerapkan full day school karena memikirkan biaya. Setiap hari jam belajar siswa 8,5 jam, saya pun bilang pada guru-guru PR nya jangan terlalu banyak. Boleh ada PR tapi sifatnya untuk memotivasi saja," jelas Eti.

Lima hari belajar, SMPN 2 memiliki macam-macam pendidikan karakter dimulai senin diisi cinta Quran, selasa diisi ekstrakulikuler, rabu diisi cinta tanah air (baris-bebaris, menyanyikan lagu nasional), kamis diisi ekstrakulikuler dan jumat diisi kegiatan pramuka.(*)

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved