Kota Ini Buat Aturan Baru, 'Dilarang Duduk Ngangkang', Indonesia Kapan?

"Misi penciptaan ikon baru ini adalah untuk mengingatkan masyarakat tentang kebutuhan untuk menjaga perilaku publik dan menghormati ruang ..."

Kota Ini Buat Aturan Baru, 'Dilarang Duduk Ngangkang', Indonesia Kapan?
bazookapenaka.my

TEROBOSAN baru. Selain terdapat tanda 'dilarang Merokok' dan 'dilarang membuang sampah', penumpang angkutan umum di Madrid, Spanyol, muncul aturan baru. 

Adapun aturan baru tersebut yakni, 'dilarang duduk ngangkang' (No manspreding). Artinya penumpang angkutan harus mengikuti pertauran baru tersebut selain dua aturan sebelumnya yakni 'Dilarang Merokok' dan 'dilarang membuang sampah'.

Baca: Bocah Ini Dihamili Ayah Kandung, Tapi Bukan Sang Bapak yang Nafsu Melainkan Digoda Sosok Ini

Mengeani aturan baru tersebut, Badan Transit di kota Spanyol mengatakan, tanda larangan agar penumpang angkutan 'dilarang duduk ngangkang' akan dipasang di semua bus untuk mengingatkan penumpang, terutama pria untuk duduk lebih sopan pada satu tempat duduk saja.

Baca: Style Fashion Syahrini Ini Bikin Baper dan Tepok Jidat, Ini Dia Penampilannya

"Misi penciptaan ikon baru ini adalah untuk mengingatkan masyarakat tentang kebutuhan untuk menjaga perilaku publik dan menghormati ruang penumpang yang lain di dalam bus," kata perusahaan transportasi Kotamadya Madrid.

Madrid mengikuti jejak oleh sistem transit di beberapa kota lain.

Baca: Ngerinya! Sekali Isap Rokok Bong Khas Vietnam, Bule Ini Langsung Pingsan

"Larangan ini adalah sama dengan sistem transportasi lain yang ada di seluruh dunia yaitu untuk menunjukkan postur tubuh yang mengganggu orang lain," kata agen transit dikutip CNN, sebagaimana dikutip melalui utaranews.

Keputusan lembaga itu menyusul kampanye dari kelompok hak wanita, Mujeres en Lucha yang mendesak pelaksanaan larangan itu.

Baca: Mengejutkan, Habib Rizieq Dapat Visa Unlimited Arab Saudi, Begini Penjelasan Sang Pengacara

Kira-kira perlu nggak ya peraturan seperti itu diterapkan di Indonesia?

Penulis: asmadi
Editor: asmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved