Jokowi: KPK Harus Kuat, Hak Angket Itu Wilayahnya DPR

Pernyataan Presiden Jokowi tersebut menjawab pertanyaan awak media, yang meminta pendapatnya terkait bergulirnya hak angket KPK

Jokowi: KPK Harus Kuat, Hak Angket Itu Wilayahnya DPR
Facebook Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo kembali menegaskan tetap mendukung penguatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Ya, kalau saya tidak ingin KPK lemah. Sudah, KPK harus kuat," ujar Presiden Jokowi ketika berkunjung ke Ruang Wartawan Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Pernyataan Presiden Jokowi tersebut menjawab pertanyaan awak media, yang meminta pendapatnya terkait bergulirnya hak angket KPK oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), yang dinilai melemahkan KPK.

Baca: Reaksi KPK Dituding OTT Recehan Tangkap Oknm Jaksa Bengkulu

Jokowi menegaskan, saat ini negara membutuhkan KPK dalam upaya pemberantasan korupsi. Jokowi tidak ingin pemberantasan itu mengendur.

"Upaya pemberantasan korupsi juga tidak boleh mengendur, karena negara kita masih memerlukan upaya yang luar biasa dalam pemberantasan korupsi. Jadi, kita perlu KPK yang kuat, KPK yang independen," tutur Jokowi.

Jokowi juga ingin penguatan KPK menjadi pemikiran dan landasan bersama, dalam rangka upaya pemberantasan korupsi.

Baca: Polisi Pastikan Kasus Bos Arak Bandel Ini Terus Diproses

"Pemikiran tersebut harus menjadi sebuah landasan dalam rangka upaya kita bersama untuk pemberantasan korupsi, dan pemikiran ini harus menjadi landasan kita bersama dalam semua langkah, dalam setiap pembuatan keputusan," papar Jokowi.

Ketika ditanya tanggapan Presiden apakah Pansus KPK merupakan bagian dari pelemahan upaya pemberantasan korupsi, Jokowi enggan menanggapinya.

Ia menegaskan, urusan hak angket KPK adalah kewenangan penuh yang dimiliki oleh DPR.

"Itu wilayahnya DPR. Angket KPK ini wilayahnya DPR," ucap Presiden. (*)

Editor: Hendra
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved