Calon Mahasiswa Asal Bangka Belitung Paling Banyak Diterima di SBMPTN UBB

Sementara peserta yang lolos SBMPTN UBB kedua terbesar berasal dari peserta Sumatera Utara sebanyak 47 orang, disusul peserta dari Sumatera Selatan

Calon Mahasiswa Asal Bangka Belitung Paling Banyak Diterima di SBMPTN UBB
IST
Para alumni SLTA sedang mengikuti seleksi SBMPTN di Kampus UBB Balunijuk. 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Sebanyak 643 peserta seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) diterima di Universitas Bangka Belitung (UBB) didominasi oleh peserta asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebanyak 518 peserta.

Berdasarkan rekap lulusan SBMPTB Universitas Bangka Belitung yang diterima Bangka Pos, kamis (15/6) peserta SBMPTN UBB berasal dari 14 provinsi di Indonesia.

Beberapa nama provinsi seperti Aceh, Banten, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Papua, Papua Barat, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Sementara peserta yang lolos SBMPTN UBB kedua terbesar berasal dari peserta Sumatera Utara sebanyak 47 orang, disusul peserta dari Sumatera Selatan sebanyak 28 peserta.

Penerimaan mahasiswa 2017 ini lebih banyak 200 orang dibanding tahun lalu mengingat terdapat tiga program studi baru di UBB seperti Ilmu Kelautan, Kimia dan Fisika.

Ketua Panlok SBMPTN panitia lokal (panlok) 24 Pangkalpinang, Ismed Inonu bersama Ketua Panitia SBMPTN UBB Aksan Sanjaya menuturkan jumlah peserta yang diterima sebanyak 643 ini menduduki persentase kuota penerimaan mahasiswa UBB sebesar 57 persen.

Di jalur penerimaan kedua SBMPTN, UBB meraih rangking 59 kategori saintek dari 75 PTN se-Indonesia dengan nilai rata-rata 15,72. Sementara kategori soshum, UBB menempati rangking 55 dari 85 PTN yang memiliki prodi sushum dengan nilai rata-rata 16,68 persen.

Keketatan penerimaan SBMPTN UBB terjadi pada prodi sosiologi, manajemen, ekonomi, akuntansi, sastra inggris, ilmu politik dan ilmu hukum.

Berikut jumlah asal peserta yang lolos SBMPTN UBB berdasarkan provinsi:

1. Aceh sebanyak 3 peserta
2. Banten sebanyak 4 peserta
3. DKI Jakarta sebanyak 11 peserta
4. Jambi sebanyak 3 peserta
5. Jawa Barat sebanyak 16 peserta
6. Jawa Tengah sebanyak 4 peserta
7. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebanyak 518 peserta
8. Lampung sebanyak 2 peserta
9. Papua sebanyak 1 peserta
10. Papua Barat sebanyak 1 peserta
11. Riau sebanyak 1 peserta
12. Sumatera Barat sebanyak 4 peserta
13. Sumatera Selatan sebanyak 28 peserta
14. Sumatera Utara sebanyak 47 peserta

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved