Mudik Lebaran 2017

Jelang Lebaran, Terminal Bus Toboali Masih Tampak Sepi

Tidak terlihat antrian penumpang dan deretan mobil bus yang mengantri mengambil penumpang.

Jelang Lebaran, Terminal Bus Toboali Masih Tampak Sepi
Bangkapos/Riki Pratama
Terminal Toboali tampak sepi, pada Jumat (16/6/2017) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Tak jauh berbeda dengan Pelabuhan Sadai,  terminal bus antar kota jalur Toboali-Pangkalpinang dan Toboali-Sadai jelang lebarang masih tampak sepi, Jumat (16/6/2017) siang.

Tidak terlihat antrian penumpang dan deretan mobil bus yang mengantri mengambil penumpang.

Khairul Kepada Bidang Perhubungan Darat, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan Bangka Selatan mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan segala macam keperluan untuk mendukung terselenggaranya angkutan mudik yang bisa memberikan kenyaman dan keamanan terhadap penumpang.

Menurutnya aktifitas penumpang yang ingin pulang ke Pangkalpinang dan sebaliknya masih dikatakan normal, belum terdapat kelonjakan penumpang.

"Dari pengalaman tahun kemaren tidak begitu banyak, berbeda dengan dulunya ketika aktifitas tambang masih ramai, itu banyak yang berdomisili di Toboali, mereka pulang kampung,"jelas Khairul kepada bangkapos.com, Jumat (16/6/2017)

Khairul menambahkan, prediksi dirinya bahwa angkutan akan penuh pada H-3 lebaran, akan terjadi kelonjakan penumpang, walu tidak begitu signifikan.

"Rute yang paling banyak yaitu ke Pangkalpinang, karena itu Ibu kota yang menyabungkan ke daerah lainnya,"ujarnya

Khairul menjelaskan bahwa sampai saat ini berdasarkan data dari mereka ada banyak bus yang melayani trayek yang telah di tentukan.

Seperti bus Toboali ke Pangkalpinang terdapat 32 unit, Toboali-Pangkalpinang- Muntok sebanyak sua unit, Toboali-Sadai PP sebanyak 11 unit, Toboali ke Bandara 10 unit, bus dari Payung ke Pangkalpinang empat unit, Toboali-Lampung transit Pangkalpinang mobil travel lima Unit, dan terdapat cadangan Bus sekolah mili pemerintah daerah bila membutuhkan sebanyak 12 unit.

"Bis itu semuanya punya swasta, yang sudah tergabung dalam organisasi angkutan dari berbagai perusahaan, kemarin sudah kita lakukan pengawasan dan penyuluhan untuk peringatan dilengkapi kekurangan yang ada, dari beberapa mobil ada kekurangan kita beri tahu untuk di perbaiki,"ujarnya

Selain mempersiapkan armada, pihak Perhubungan juga menyiapkan personil sebanyak 20 orang untuk membantu pengamanan di lima titik seperti terminal dan pelabuhan yang menjadi fokusnya.

"Mudah mudahan dengan ini semua penumpang terlayani dan bisa sampai dengan selamat, agar pemudik dapat berkumpul dengan keluarga mereka, lalu untuk pihak bus selalu tertib lalu lintas dan melihat kelayakan busnya sebagai fokus keselamatan,"lanjutnya

Penulis: Riki Pratama
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved