Jemaah An Natsir Lebaran Duluan, Berpatokan pada Air Pasang Laut

Penetapan satu syawal bagi jemaah An Natsir ini berdasarkan perhituangan bulan atau hisab serta didukung oleh pertanda alam.

Jemaah An Natsir Lebaran Duluan, Berpatokan pada Air Pasang Laut
KOMPAS.com / ABDUL HAQ
Ratusan jemaah An Natair di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan berlebaran lebih awal dari yang ditetapkan pemerintah. Sabtu, (24/6/2017). 

BANGKAPOS.COM, GOWA - Ratusan jemaah An Natsir yang bermukim di pesisir Danau Mawang, Kelurahan Romanglompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menggelar shalat Idul Fitri, Sabtu (25/6/2017).

Penetapan satu syawal bagi jemaah An Natsir ini berdasarkan perhituangan bulan atau hisab serta didukung oleh pertanda alam.

Baca: Jangan Lewatkan Sore Ini Kemenag Gelar Sidang Isbat Idul Fitri 1438 H

Shalat Id yang dipimpin oleh Amiruddin sekaligus sebagai khatib ini dimulai pada pukul 07.00 Wita hingga pukul 08.15 Wita.

"Penetapan satu syawal ini berdasarkan perhitungan bulan yang kami gunakan sejak dua puluh tahun yang lalu. Selain perhitungan bulan, keputusan ini juga didukung oleh pertanda alam dimana terjadinya puncak air pasang laut sebagai tanda bahwa satu syawal telah tiba," kata Lukman A. Bakti, Pimpinan jemaah An Natsir.

Baca: Artis Ini Jatuh Sakit Jelang Lebaran, Disebut Dapat Karma Gegara Rebut Suami Orang

Jemaah An Natsir selama ini bermukim di pesisir Danau Mawang dengan ciri khas berambut panjang serta mengenakan jubah. Keseharian mereka bekerja sebagai petani dan beternak.

Kementerian Agama melalui Ditjen Bimas Islam akan menggelar sidang isbat atau penetapan awal bulan Syawal 1438H pukul 17.00 WIB nanti.

Sidang isbat akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher. (Kompas.com/Kontributor Bone, Abdul Haq)

Berita ini sebelumnya dipublikasikan Kompas.com dengan judul: Jemaah An Natsir Lebaran Hari Ini

Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved