Breaking News:

Otak-Otak Belinyu Sudah Tersohor, Oleh-oleh Favorit Wisatawan

Yang terkenal itu, otak-otak Belinyu, rasanya sangat khas, ada cukanya dan menggugah selera

Penulis: edwardi | Editor: edwardi
bangkapos.com/Edwardi
Otak-Otak Belinyu jadi makanan dan oleholeh favorit wisatawan 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kuliner Bangka Belitung sekarang ini mulai banyak dilirik masyarakat luar, terutama para wisatawan yang berkunjung ke Negeri Serumpun Sebalai.

Salah satunya kuliner yang banyak diminati adalah otak-otak.

Makanan yang terbuat dari bahan ikan dan berbungkus daun pisang dengan cara masak dipanggang ini sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu favorit bagi wisatawan, baik itu lokal maupun mancanegara.

Logo Sepintu Sedulang, yakni berupa tudung saji yang dipergunakan sebagai tutup dulang saat berlansgungnya adat Nganggung di Kabupaten Bangka dimasukan dalam kemasan kuliner khas Bangka. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka Sabtu (29/10) mengaplikasikan disain logo kemasan kepada pengusaha kuliner di Kecamatan Belinyu.
Logo Sepintu Sedulang, yakni berupa tudung saji yang dipergunakan sebagai tutup dulang saat berlansgungnya adat Nganggung di Kabupaten Bangka dimasukan dalam kemasan kuliner khas Bangka. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka Sabtu (29/10) mengaplikasikan disain logo kemasan kepada pengusaha kuliner di Kecamatan Belinyu. (IST)

"Yang terkenal itu, otak-otak Belinyu, rasanya sangat khas, ada cukanya dan menggugah selera," kata Kabid Destinasi Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka, Suharman, Kamis (6/7/17).

Otak-otak asal Belinyu ini lanjut Suharman sudah sangat tersohor dimana-mana dan menjadi buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka.

"Orang kalau datang ke Belinyu, selalu berburu otak-otak ini, selain juga kemplang, getas dan lainnya," ujarnya.

Untuk itu, untuk melengkapi Belinyu menjadi salah satu destinasi favorit di Kabupaten Bangka, kuliner juga sangat mendukung sekali.

"Orang main di pantai, atau tempat lainnya, lapar pasti mencari makanan, nah otak-otak ini menjadi salah satu pilihannya," kata Suharman.

Ke depan dengan semakin banyaknya variasi pariwisata di Kabupaten Bangka, Suharman mengharapkan sektor pariwisata di Kabupaten Bangka semakin maju dan bersaing dengan daerah wisata lainnya.

"Kita punya segalanya, dari pantai, alam, dan kulinernya, tinggal promosi, pengelolaan dan pemanfaatannya sehingga bisa menjadi maju dan bisa menjadi sandaran ekonomi masyarakat," tukas Suharman.

Sementara itu, Arbayu Putra (23) yang baru-baru ini berkunjung ke Pantai Penyusuk dan Pulau Putri menyempatkan diri untuk membeli otak-otak Belinyu sebagai buah tangan bagi keluarga.

"Ibu titip otak-otak Belinyu ini, karena rasanya yang enak dan khas," ungkap Bayu yang sekarang ini tinggal di Jogjakarta.

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved