Didit Akan Tindaklanjuti SK DPD Gerindra Soal Pergantian Wakil Ketua DPRD

Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya mengatakan dirinya sudah menerima surat keputusan Pergantian Pimpinan

Didit Akan Tindaklanjuti SK DPD Gerindra Soal Pergantian Wakil Ketua DPRD
Bangkapos/Krisyanidayati

Laporan Wartawan Bangka Pos Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya mengatakan dirinya sudah menerima surat keputusan Pergantian Pimpinan DPRD dari Fraksi Gerindra, pada Senin (3/7) lalu.

"Suratnya tertanggal 26 juni, tapi kan kita sudah libur tanggal 25, saya terima suratnya senin soal SK pergantian yang sebelumnya Dedy Yulianto berdasarkan SK diagnti Muhammad Amin," kata Didit saat dikonfirmasi Bangka Pos, Jum'at (7/7/2017).

Ia mengatakan untuk pergantian pimpinan harus melalui mekanisme, Berdasarkan PP No 16 tahun 2010 pergantian pimpinan dewan harus diparipurnakan, yang sifatnya pengambilan keputusan.

"Saya sudah tindaklanjuti surat ini, saya sudah minta sekwan untuk dijadwalkan banmus tentang usulan pergantian pimpinan DPRD dari Fraksi Gerindra," katanya.

Politisi PDIP itu memaparkan berdasarkan PP tersebut dalam Pasal 42 ada beberapa alasan diberhentikan sebelum habis masa jabatannya yakni meninggal dunia, mengundurkan diri, dan diberhentikan oleh partainya.

"Kalau pak Dedy berdasarkan pasal itu diberhentikan oleh partainya, ini hak partai yang jelas kami menindaklanjuti hak partai tersebut," katanya.

Tambahnya pemberhentian ini harus dihadiri 2/3 dari anggota DPRD saat rapat paripurna.

"Ini sifatnya keputusan, paripurnannya harus dihadiri 2/30 anggota DPRD yakni 30 orang, baru proses selanjutnya bisa dilaksanakan," katanya.

Ia mengatakan hal ini tergantung banmus, akankah ini akan dimasukkan dalam agenda paripurna atau tidak.

"Ini sudah saya sampaikan ke setwan, nanti tergantung banmus dan paripurna, kami harus mengikuti mekanisme dan aturan yang ada," katanya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved