Menkumham Bocorkan Ada Banyak Ormas Bakal Dibubarkan

Yasonna memberi bocoran ada beberapa ormas lainnya yang bakal dihapus melalui Perppu tersebut.

Menkumham Bocorkan Ada Banyak Ormas Bakal Dibubarkan
The Jakarta Pos
Menteri Hukum dan Ham Yasonna H Laoly tiba untuk menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta, Senin, 3/7/2017. Yasonna diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi E-KTP dalam kapasitas saat menjabat sebagai anggota komisi II DPR. (JP/Wendra Ajistyatama) 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widododikabarkan sudah meneken Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Pembubaran Organisasi Masyarakat. Menkopolhukam Wiranto bahkan sudah menyebut Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) salah satu ormas yang bakal dibubarkan.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menegaskan bukan hanya HTI saja ormas yang dibubarkan. Yasonna memberi bocoran ada beberapa ormas lainnya yang bakal dihapus melalui Perppu tersebut.

"Tidak hanya HTI. Masa hanya satu saja," ujar Yasonna di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (12/7/2017).

Baca: Reaksi HTI Soal Perppu Pembubaran Ormas

Yasonna belum ingin memberitahukan ormas mana saja yang akan dibubarkan. Politisi PDI-P itu ingin merevisi UU ormas yang lama agar mudah menghilangkan ormas-ormas yang tidak sesuai dengan ideologi negara.

"Nanti, karena UU ormas yang lama sangat hampir tidak memungkinkan kita melakukan pembubaran seperti itu," ungkap Yasonna.

Baca: Jokowi Sudah Teken Perppu Pembubaran Ormas

Jika menggunakan Perppu, ada kemungkinan bisa gagal oleh DPR dalam rapat pembahasan. Namun Yasonna yakin Perppu bisa diloloskan menjadi UU untuk mendapatkan mekanisme penghapusan ormas yang mudah.

"Kita sampaikan ke DPR nanti kita lihat perkembangannya," jelas Yasonna.

(Tribunnews.com/Adiatmaputra Fajar Pratama)

Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved