Amin Sulthon Beberkan Tanggung Jawab Wartawan Utama

Mereka HM Amin Sulthon dan KA Ronie Achmad bakal menerima penghargaan langsung Wartawan utama yang kompeten sebagai seorang jurnalis

Amin Sulthon Beberkan Tanggung Jawab Wartawan Utama
repro

Laporan Wartawan Bangka Pos, Emil Mahmud

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dua wartawan senior penerima sertifikat dan kartu Wartawan Utama dari Dewan Pers pada Jumat (14/07/2017) siang telah berada di Jakarta.

Mereka HM Amin Sulthon dan KA Ronie Achmad bakal menerima penghargaan langsung Wartawan utama yang kompeten sebagai seorang jurnalis tanpa melalui uji kompetensi wartawan (UKW).

Bersamaan mereka dua wartawan senior lainnya penerima penghargaan serupa, Dato H Ramli Sutanegara dan HM Yahya Yusuf.

HM Amin Sulthon mengemukakan tanggung jawab seorang pemegang predikat Wartawan Utama adalah tidak mudahnya.

Karenanya, tidak semua wartawan senior berhak mendapatkan penghargaan sebagai wartawan utama.

"Tentu saja perlu pemahaman tentang kode etik jurnalistik, mampu memberi advokasi atau perlindungan terhadap sesama insan pers hingga memiliki jiwa kepemimpinan," ujar Amin didampingi KA Ronie Achmad yang telah berada di Jakarta saat dihubungi Bangkapos.com, melalui sambungan telepon Jumat (14/07/2017).

Sementara KA Ronie Achmad menambahkan pencapaian dirinya meraih predikat Wartawan Utama tidak mudah diraih.

Mengingat untuk meraihnya, bagi wartawan yang di bawah usia 60 tahun wajib melalui UKW dan memenuhi persyaratan lainnya.

"Kami berempat dari Kepulauan Babel bersama-sama 57 wartawan senior dari seluruh Indonesia sebagai penerima sertifikat dan kartu wartawan utama," jelas KA Ronie Achmad.

Dalam acara penyerahan sertifikat dan kartu wartawan utama akan dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika RI Radiantara dan Ketua Dewan Pers Yoseph Adi Prasetio.(*)

Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved