Juru Sita Pengadilan Datangi Aliong si Pembunuh Sadis di Penjara

Kedatangan juru sita menemui pembunuh sadis yang kini mendekam di Lapas Bukitsemut Sungailiat Bangka itu

Juru Sita Pengadilan Datangi Aliong si Pembunuh Sadis di Penjara
bangkapos/ferry laskari
Aliong saat di PN Sungailiat, Selasa (13/6/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Aliong terpidana hukuman mati didatangi oleh Juru Sita Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat.

Kedatangan juru sita menemui pembunuh sadis yang kini mendekam di Lapas Bukitsemut Sungailiat Bangka itu, guna memberi kepastian bahwa upaya banding bergulir.

"Pengacara Aliong (Jailani) sudah meyerahkan memori banding, begitu pula JPU (Jaksa Penuntut Umum Kejari Bangka, Aditia Sulaeman) sudah meyerahkan kontra banding ke PN Sungailiat," kata Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat, Haryadi diwakili Humas II Pengadilan, Jhon Paul ditemui Bangka Pos Group, Jumat (21/7/2017).

Karena Pengacara maupun JPU sudah menyerahkan memori-kontra banding, maka langkah pengadilan tinggal melanjutkan prosesnya.

"Sehingga langkah selanjutnya yang dilakukan PN Sungailiat adalah mengrimkan juru sita pengadilan ke Lapas Bukitsemut Sungailiut untuk memberitahukan pada Aliong," katanya.

Pertemuan Juru Sita dengan Aliong di rumah tahanan, menurut Jhon Paul, sifatnya hanya pemberitahuan semata.

Tidak ada hal lain yang dibicarakan juru sita pengadilan, selain persoalan banding yang dimaksud.

"Juru sita pengadilan menemui Aliong, hanya untuk meyatakan bahwa memang benar perkaranya (Aliong) resmi banding. Sifatnya juru sita hanya pemberitahuan saja (ke Alionfg) bahwa bandingnya sudah sudah diproses. Setelah itu, juru sita meminta Aliong menandatanhgani surat, soal banding yang dimaksud," papar Jhon Paul.

Jhon Paul menyatakan, Aliong masih berada dalam Lapas Bukitsemut Sungailiat, setelah dijatuhi Vonis Pidana Mati oleh Majelis Hakim PN Sungailiat dipimpin Ketua Majelis, M Solihin, beberapa pekan silam.

Apakah Aliong akan dipindahkan ke Nusakambangan atau tempat pengasingan lain? Menurut Jhon, itu menjadi wewenang Kepala Lapas (Kalapas) yang bersangkutan.

"Apakah Aliong akan dipindahkan ke tempat lai (keluar Lapas Bukitsemut) atau tidak, Itu merupakan kewenangan Kalapas. Tapi saya rasa, Aliong tidak akan dpindahkan sebelum perkaranya inkrah. Apalagi Aliong itu kan belum benar-benar resmi sebagai narapidana," katanya.

Pada akhirnya lanjut Jhon Paul, bahwa langkah yang dilakukan PN Sungailiat dianggap sudah sesuai prosedur yang ditetapkan. Terkait putusan berikutnya, itu bukan lagi menjadi wewenang PN Sungailiat, melainkan wewenang Hakim Pengadilan Tinggi (PT) Babel.

"Berkas bandingnya sudah kita kirm ke PT Babel. Tinggal nanti kita tunggu saja putusan bandingnya dari PT Babel," katanya.

Penulis: ferylaskari
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved