Lebah Terbaik Se Asia, Apis Dorsata Bisa Ditemukan Di Hutan Namang

Sarang apis dorsata ternyata berbeda dengan sarang labah pada umumnya. Kawanan lebah ini ternyata membuat sarang

Lebah Terbaik Se Asia, Apis Dorsata Bisa Ditemukan Di Hutan Namang
Bangkapos/Evan Saputra
Sarang lebah apis dorsata di hutan Namang 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Evan Saputra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Provinsi Bangka Belitung (Babel) patut berbangga memiliki beberapa kawasan hutan yang masih asri, terutama yang terdapat di Desa Namang, Kecamatan Namang, Bangka Tengah (Bateng).

Banyak habitat yang hidup di hutan kawasan ini terutama madu nya yang sudah mendunia.

Berbagai macam pohon dan bunga pun tumbuh subur didaerah ini, tempat asri ini pun sangat potensial untuk tumbuh dan berkembangnya berbagai jenis madu.

Namun, dari sekian banyak tanaman, pohon pelawan cukup digemari, karena selain kayunya yang kuat dan mahal, pohon ini pun berbunga dan menjadi incaran para lebah.

Salah satu hewan yang terbaik di Desa Namang yaitu lebah nya yang menghasilkan madu pahit dan manis. Kualitas nya pun sangat baik karena dihasilkan oleh lebah terbaik.

Lebah desa Namang merupakan lebah apis dorsata. Lebah ini hanya terdapat didesa Namang, dan merupakan madu terbaik se Asia tenggara.

Apis dorsata atau dikenal sebagai Lebah madu raksasa merupakan lebah madu Asia yang berhabitat di hutan lebat, beruntung bangkapos.com diberikan kesempatan untuk melihat langsung sarang lebah ini dihutan dari jarak yang sangat dekat.

Sarang apis dorsata ternyata berbeda dengan sarang labah pada umumnya. Kawanan lebah ini ternyata membuat sarang dengan hanya satu sisiran yang menggantung di dahan dan ranting pohon.

Sisiran sarang lebah ini berukuran sekitar satu meter, dan berbentuk pipih. Kawanan lebah ini nampak terbang dan kembali menempel di sarang untuk meletakkan sari dari bunga yang dihisap.

Pengelola hutan pelawan, Zaiwan yang ikut mengantar ke lokasi sarang lebah mengatakan sudah ada penelitian tentang lebah dan madu di kawan ini. Hasilnya pun cukup bagus, selain lebah terbaik, madu yang dihasilkan pun sangat potensial.

"Ini lebah apis dorsata yang terbaik se Asia tenggara, kita beruntung bisa memiliki madu dari lebah terbaik, sudah banyak peneliti yang datang kesini hanya untuk melihat langsung kawanan lebah ini," ujarnya.(*)

Penulis: Evan
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved