Camat Kelapa: Tolong Anak Madunya Jangan Diambil

Selama ini, warga tidak hanya mengambil sarang madunya saja, tapi juga anak lebah yang ada di dalam sarangnya untuk dimakan.

Camat Kelapa: Tolong Anak Madunya Jangan Diambil
Bangkapos.com/Riyadi
Sarang madu hutan yang siap dipanen di Kelurahan Kelapa Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat, Sabtu (12/7/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Para pencari madu hutan di Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat diminta agar saat memanen madu, tidak main potong habis.

Selama ini, warga tidak hanya mengambil sarang madunya saja, tapi juga anak lebah yang ada di dalam sarangnya untuk dimakan.

"Kalau larva atau anak madunya ikut diambil semua, ya itu artinya kan menghilangkan generasi lebah madu, sebaiknya jangan dipotong habis, tapi cukup ambil sarang madunya saja. Larva atau anak madunya lebih baik ditinggalkan, biar generasi-generasi lebah madu terus tumbuh, sehingga populasi lebah madu juga meningkat," harap Camat Kelapa, Umar kepada bangkapos.com, Senin (14/8/2017).

Mantan Sekretaris Dinas Kehutanan Pemkab Bangka Barat ini mengungkapkan, tindakan memotong atau mengambil habis terhadap larva atau anak madu, itu sebenarnya tindakan yang yang tidak peduli dengan kelestarian lingkungan.

Memotong anak lebah madu, itu sama saja menghentikan mau memusnahkan generasi lebah penghasil madu.

"Selama ini orang memotong anak madu (lebah madu), alasannya kan cuma satu yakni untuk di makan, itu saja. Ya sebaiknya jaga lah alam, jagalah generasi-generasi lebah madu itu, biarkan dia berkembang biak, karena keberadaan lebah madu ini, kan untuk menjaga keseimbangan alam, karena lebah madu ini kan sangat membantu petani, lebah juga memberikan peran penting dalam penyerbukan, coba kalau nggak ada lebah, proses penyerbukan pasti akan terganggu dan lambat, siapa yang rugi, ya kita semua, ya petani," jelas Umar.

Penulis:
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved