Video Serunya Memanen Madu di Hutan Kelapa, Cuma Berbekal Asap dan Jaket

Hanya berbekal asap, jaring (wareng), jaket parasut, parang dan ember saja, warga Kelurahan Kelapa Kecamatan Kelapa yakni Dinan dan Remon dengan mudah

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Hanya berbekal asap, jaring (wareng), jaket parasut, parang dan ember saja, warga Kelurahan Kelapa Kecamatan Kelapa yakni Dinan dan Remon dengan mudah dan cepat memanen sarang lebah yang berisi air madu, di salah satu hutan di daerah setempat, Sabtu (12/8/2017) lalu.

Dengan beraninya, Dinan langsung berdiri tepat di depan koloni lebah madu yang menggantung menutup sarangnya
Asap yang terbuat dari dedaunan yang masih basah, langsung ditebarkan disekeliling koloni lebah itu.

Kontan saja ribuan bahkan belasan ribu lebah langsung terbang tak tentu arah, meninggalkan sarangnya.

Setelah koloni lebah ini kabur, lembaran sarang madu langsung diiris menggunakan parang. Sarang madu langsung di masukkan ke ember dan setelah itu langsung meninggalkan lokasi sarang dan keluar dari hutan.

Dalam memanen madu, hanya butuh waktu kurang dari lima menit.

Tak satupun sengatan menempel di tubuh Dinan dan Remon, sedangkan Ajung kena tiga sengatan di jarinya.
Bagi Dinan, memusung madu (memanen madu) sudah menjadi kerjaannya.

"Sudah jadi penggawe (kerjaan) dari dulu dan sudah biasa, yang jelas kalau musung madu harus tahu arah angin, muka madu (lebah)," kisah Dinan kepada bangkapos.com Senin (14/8/2017).

Sementara, warga lainnya di berbagai daerah seperti di desa-desa di Kecamatan Riausilip Kabupaten Bangka dan di Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat, dalam sepekan terakhir, juga mulai berburu dan memanen madu hutan.

Madu yang dipanen, bisa berupa madu dari lebah yang hinggap atau bersarang di kayu (senggang) yang sengaja dipasang oleh warga, tapi ada juga dari koloni lebah yang hinggap dan membuat sarang di kayu hutan, bukan di kayu senggang yang disiapkan oleh orang.

Halaman
12
Penulis: riyadi
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved