Breaking News:

Cerita Sejarah Usaha Kain Cual, Isnawati Menangis

merk dagang Ishadi merupakan gabungan dari namanya dan sang suami sejak 2007.

Penulis: Ardhina Trisila Sakti | Editor: edwardi
bangkapos.com/Ardhina Trisila Sakti
Ketua Yayasan Cual Ishadi Isnawati bersama Gubernur Babel Erzaldi Rosman di Musium Cual Ishadi, Selasa (15/8) di Jalan A.Yani No.46 Pangkalpinang. 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ketua Yayasan Cual Ishadi Isnawati sempat menangis saat bercerita kisah perjalanan usaha kain cualnya yang dibangun bersama suami Almarhum Abdul Hadi.

Dikatakannya merk dagang Ishadi merupakan gabungan dari namanya dan sang suami sejak 2007.

Berdirinya usaha kain cual sejak Bangka Belitung resmi menjadi provinsi. Kala itu sang suami Alm. Abdul Hadi memberi ide agar mengangkat kain khas Bangka Belitung cual sebagai identitas daerah.

"Kebetulan karena kami mempunyai kain cual kuno usang dari seorang Demang Abdul Rahman Rojak kami jadi punya ide untuk mengangkat heritage Babel. Kita menampilkan kain cual dengan mengubah motifnya agar tak mononton namun tidak melupakan pakemnya," ujar Isnawati sebelum peresmian Musium Cual Ishadi, Selasa (15/8) di Jalan A.Yani No.46 Pangkalpinang.

Kain cual buatan Ishadi sudah pernah dipakai oleh para pejabat pemerintahan. Dikatakanya kain cual berhasil mendapat kunjungan langsung dari Martha Tilaar saat bertandang ke Pulau Bangka untuk perkenalkan produknya.

"Beliau waktu itu gak niat mampir tapi jadi berkunjung setelah saya tunjukkan motif kain-kain kuno. Sejak itu saya menabung karena pengen punya Musium," kenangnya.

Hingga sepuluh tahun menabung, Isnawati kini berhasil membangun Musium dengan latar dinding bagian depan bermotif naga bertarung berwarna merah.

Dalam sambutannya di depan Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman beserta istri Melati Erzaldi, Isnawati pun tak segan membeberkan mengeluarkan modal besar untuk membangun Musium Kain Cual Ishadi.

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved