Yayasan Pahlawan 12 Cikal Bakal Lahirnya Pahlawan Nasional dari Bangka Belitung

Melalui yayasan ini nantinya, usulan menjadikan pahlawan di Bangka Belitung sebagai pahlawan nasional akan lebih mudah.

Yayasan Pahlawan 12 Cikal Bakal Lahirnya Pahlawan Nasional dari Bangka Belitung
Bangkapos.com/Nordin
Para narasuber, keluarga Pahlawan 12 serta warga berfoto bersama usai kegiatan diskusi┬átentang Pahlawan 12, di halaman Kantor Desa Petaling Banjar Mendobarat Kabupaten Bangka, Kamis (17/8/2018) malam. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, M Noordin

BANGKA, BANGKAPOS.COM – Penulis Buku Palagan 12, Ikhsan Mokoginta Dasin menyambut baik rencana tokoh Perjuangan Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Djohan Murod ingin mengumpulkan dan memetakan informasi tentang para pahlawan di Bangka Belitung.

Saat diskusi sekaligus silaturrahmi tentang perjuangan Pahlawan 12 di halaman Kantor Desa Petaling Banjar Mendobarat Kabupaten Bangka, Kamis (17/8/2018) malam, Djohan Murod menyatakan ingin membuat Yayasan Pahlawan 12.

Melalui yayasan ini nantinya, kata Djohan, usulan menjadikan pahlawan di Bangka Belitung sebagai pahlawan nasional akan lebih mudah.

“Dalam diskusi ini banyak sekali informasi para pahlawan kita, baik yang tercatat maupun belum tercatat. Kita ingin ada pahlawan dari Babel ini bisa menjadi pahlawan Nasional,” tukas Djohan.

Menurut Ikhsan, keinginan dan cita-cita Djohan Murod ini merupakan cita-cita dirinya sebagai penulis buku “Palagan 12”.

Ia berharap ada diantara 12 pahlawan yang gugur di Bukit Mat Andil Mendobarat bisa diusulkan sebagai pahlawan nasional.

Pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna gelora semangat pahlawan 12 (Gaspala) desa Petaling Banjar Kecamatan Mendo Barat Bangka menggelar diskusi sekaligus silaturrahmi tentang perjuangan pahlawan 12, Kamis (17/8).

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Gaspalas Arman Anuari mengatakan diskusi sekaligus silaturrahmi ini merupakan rangkaian acara dalam memeriahkan HUT ke-72 RI .

Diskusi ini, kata Arman, untuk menggali informasi sekaligus menelisik kembali perjuangan Pahlawan 12 di Bangka agar semangatnya terus tertanam dalam sanubari masyarakat Bangka Belitung.

Hadir sebagai narasumber diskusi sekaligus silaturrahmi yang bertema 'Menelisik sejarah perjuangan pahlawan 12; merekat ruh nasionalisme patriotisme anak negeri' ini antara lain sebagai narasumber Drs Ahmad Elvian, Ihsan Mokoginta dan News Manager Bangka Pos Dodi Hendriyanto.

Tampak hadir juga keluarga dari Pahlawan 12, para veteran, budayawan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Kades Petaling Banjar, perwakilan camat, serta tamu dan undangan lainnya. Hanya saja, tidak tampak perwakilan kepolisian dan Danramil Mendobarat pada acara ini.

“Kami menyangkan tidak ada perwakilan dari TNI AD yang hadir. Padahal acara ini sangat penting sebagai informasi bagi TNI AD. Peristiwa Pahlawan 12 ini sangat erat kaitannya dengan pembentukan TNI AD di Bangka ini,” sesal Ikhsan.

Ketika dikonfirmasi ketidakhadiran perwakilan TNI AD, Danramil Mendobarat Kapten Suyono meminta maaf. Pasalnya, kata Suyono, pada kesmpatan yang sama, pihaknya memiliki kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan.

“Sebetulnya sudah ada undangan, tetapi karena ada kegiatan lain dan tidak bisa ditinggalkan, mudah-mudahan acara berikutnya kami bisa hadir," ujar Suyono.

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved