Breaking News:

Struktur Skala Upah Wajib Diterapkan Mulai Oktober

Mulai bulan Oktober tahun ini seluruh perusahaan wajib menerapkan sistem struktur skala upah.

Penulis: Evan Saputra | Editor: fitriadi
ilustrasi 

Laporan Wartawan Bangka Pos Evan Saputra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Mulai bulan Oktober tahun ini seluruh perusahaan wajib menerapkan sistem struktur skala upah. Hal itu pun berlaku tanpa pengecualian untuk perusahaan di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng).

Penerapan struktur skala upah ini sudah diatur didalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenker) Republik Indonesia nomor 1 Tahun 2017 tentang Struktur dan Skala Upah.

Pada pasal 1 ayat 3 menerangkan bahwa struktur skala upah merupakan susunan tingkatan upah dari yang terendah smapai yang tertinggi ataupun sebaliknya, yang memuat kisaran nilai nominal upah dari yang terkecil sampai yang terbesar untuk setiap golongan jabatan.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadau Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPPTSPK), Elly Irsyah kepada bangkapos.com, Rabu (23/8/2017) mengatakan penerapan struktur skala upah ini dilakukan supaya dapat mendorong produktivitas pekerja dan mewujudkan upah yang transparan.

Untuk itu, pengusaha wajib menyusun struktur dan skala upah dengan memperhatikan peraturan yang berlaku.

Elly mengatakan pada tahun ini sekitar tanggal 23 Oktober 2017 pengusaha sudah wajib menerapkan struktur skala upah dan menginformasikan kepada karyawan.

"Batas waktu dalam penyusunan struktur upah dan menginformasikan kepada karyawan adalah tanggal 23 Oktober. Hal ini wajib dilakukan dan tidak hanya dibuatkan penyusunannya saja, tetapi harus diterapkan dan diinformasikan kepada semua karyawan, semua karyawan semua harus merujuk ke skala upah, dari gaji tertinggi sampai terendah," ungkapnya.

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved