Wagub Babel Hadiri Launching Germas dan Gemamas

Penggalangan komitmen GERMAS Tingkat Kabupaten Bangka Barat dan GEMAMAS ditandai pemukulan bedug oleh Wakil Gubernur

Wagub Babel Hadiri Launching Germas dan Gemamas
Istimewa
Wakil Gubernur Bangka Belitung, H Abdul Fatah saat aksi penggalamangan komitmen Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tingkat Kabupaten Bangka Barat dan Gerakan Masyarakat Mancung Sehat (Gemamas) yang berlangsung di Alun-alun Desa Mancung, Minggu (20/8). 

KELAPA, BANGKA POS -  Sebagai wujud rasa syukur dalam mengisi kemerdekaan pada HUT ke-72 Kemerdekaan RI dilaksanakan penggalamangan komitmen Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tingkat Kabupaten Bangka Barat dan Gerakan Masyarakat Mancung Sehat (Gemamas) yang berlangsung di Alun-alun Desa Mancung, Kecamatan Kelapa, Minggu (20/8).

Kegiatan ini dilaksanakan juga mendukung Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017.

Kegiatan diawali jalan sehat bersama masyarakat Desa Mancung dan sekitarnya. Jalan sehat dilepas langsung oleh Wakil Gubernur Bangka Belitung, H Abdul Fatah dan Sekda Bangka Barat, Yunan Helmi di Lapangan Bola Semut Kelurahan Kelapa.

Selain melepas peserta jalan sehat, Wagub bersama Sekda beserta kepala OPD baik dari Pemprov Babel maupun Pemkab Bangka Barat juga ikut berjalan bersama peserta lainnya sejauh kurang lebih 6 kilometer.

Kepala Desa Mancung , Karman mengatakan atas nama Pemerintah Desa Mancung dan seluruh masyarakat Desa Mancung mengucapkan terimakasih atas kehadiran Wakil Gubernur Babel H Abdul Fatah, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangan Provinsi Babel, Marwan, Kepala Dinas Kesehatan Babel, drg Mulyono Susanto, dan pejabat lainnya.

Para pejabat lain yang hadir di antaranya, Sekda Bangka Barat, Yunan Helmi, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Pemkab Bangka Barat, drg Achmad Syaifuddin, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Muhamad Saiful Pudri, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Kasnetty, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Camat se-Kabupaen Bangka Barat khususnya Camat Kelapa, Kapolsek dan Danramil Kelapa, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Bangka Barat khususnya Kepala Puskesmas Kelapa dan seluruh pegawai.

Pada kegiatan ini juga masyarakat yang hadir bisa makan buah gratis, periksa kesehatan gratis berupa pemeriksaan tinggi badan, berat badan, tekanan darah, gula, kolesterol serta konsultasi dengan dokter dan petugas gizi, ini semua berkat kerjasama dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kelapa.

Penggalangan komitmen Germas tingkat Kabupaten Bangka Barat dan Gemamas ditandai pemukulan bedug oleh Wakil Gubernur dan penandatanganan komitmen didampingi para pejabat yang hadir pada kegiatan tersebut.

Selain itu BPJS Kesehatan Cabang Bangka Barat juga melayani pendaftaran peserta BPJS bagi warga Mancung dan sekitarnya sebagai upaya mendekatkan pelayanan pembuatan kartu BPJS sehingga seluruh masyarakat menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Bupati Bangka Barat dalam sambutan yang dibacakan Plt Kepala Dinas Kesehatan Bangka Barat mengajak seluruh masyarakat Bangka Barat untuk bersama-sama meningkatkan derajat kesehatan dengan melaksanakan Germas dan Gemamas serta mengajak seluruh masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

"Semoga sinergi yang baik antara seluruh masyarakat dan pemerintah dapat dipertahankan dan ditingkatkan dalam rangka menuju Kabupaten Bangka Barat Hebat Tahun 2021," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Babel, drg Mulyono Susanto di hadapan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Kepala Puskesmas Kelapa mengapresiasi kegiatan penggalangan komitmen Germas dan Gemamas yang terlaksana dengan baik, ini sebagai bukti bahwa pemberdaayaan masyarakat sudah berjalan sebagaimana mestinya.

Wagub mengatakan sangat senang berada di tengah-tengah masyarakat Desa Mancung yang baru saja terpilih sebagai desa terbaik juara pertama lomba desa ber-PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2017 dan berhak mewakili ke tingkat Nasional.

Desa Mancung diharapkan dapat berinovasi menerapkan Germas sesuai Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 dengan melakukan Gemamas.

Diharapkan semua desa/kelurahan se-Bangka Belitung dapat mengikuti jejak Desa Mancung ini yang peduli terhadap masalah kesehatan di wilayahnya. (adv/may)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved