Breaking News:

Jangan Sampai Terlambat! Inilah yang Harus Diketahui oleh Penderita Kanker Payudara

Dokter spesialis bedah, dr. Adi Sucipto, Sp.B menceritakan banyak pengalamannya menangani pasien yang terkena kanker payudara.

Penulis: Ardhina Trisila Sakti | Editor: khamelia
bangkapos/Ardhina Trisila Sakti
Peserta Seminar dan Expo Health and Beauty Car, Kamis (24/8) di gedung Graha Timah yang digelar oleh Bakti Timah Solusi Medika. 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Dokter spesialis bedah, dr. Adi Sucipto, Sp.B menceritakan banyak pengalamannya menangani pasien yang terkena kanker payudara.

Dirinya pun mengaku sedih bila kebanyakan pasiennya baru memeriksakan diri saat penyakitnya sudah berlangsung lama.

Menurutnya masih banyak orang yang kurang informasi yang tepat soal tumor payudara, ditambah ada pendapat negatif dari keluarga atau tetangga.

"Kanker payudara masih bisa diobati dengan angka kesembuhan hampir 100 persen kalau datangnya (ke rumah sakit) tepat. Tapi kebanyakan orang datang terlambat karena pergi dulu ke "orang pinter," bebernya saat Seminar dan Expo Health and Beauty Car, Kamis (24/8) di gedung Graha Timah yang digelar oleh Bakti Timah Solusi Medika.

Baca: VIDEO: Kanker Payudara Rentan Terjadi pada Usia di Atas 35 Tahun

Tumor ganas yang menjadi kanker terbagi dari stadium satu sampai stadium empat.

Dijelaskan Dr. Adi Sucipto, stadium satu benjolan belum terlalu dalam, sedangkan stadium dua benjolan sudah menyebar ke luar (tak hanya satu).

"Stadium tiga tumornya sudah nyebar sampai ke otot, ciri-cirinya (payudara) sudah gak bisa digoyangin dan keras. Stadium empat kanker sudah menyebar sampai ke paru-paru, hati dan tulang dan itu sakit sekali. Saya tidak pernah merasakannya tapi saya tahu karena melihat kondisi pasien saya," jelasnya.


Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved